Pemerintah

Di Kecamatan Rupat, Bengkalis dan Bukit Batu: H Kamaruddin: '4 MTs di Kabupaten Bengkalis Akan Dinegerikan'

Bathin Solapan (PRC) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Wilayah Riau yang diwakili Kepala Sub Bagian Organisasi dan Tata Laksana H Kamaruddin mengatakan, 4 Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Bengkalis kembali akan menjadi MTs Negeri.

Meskipun tak merinci, Kamaruddin yang juga kelahiran kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini mengatakan, ke-4 MTs yang akan dinegerikan itu adalah MTs di Kecamatan Rupat, Desa Meskom dan Sungai Alam Kecamatan Bengkalis dan di Kecamatan Bukit Batu

"Riau termasuk salah satu provinsi yang memiliki madrasah terbanyak di Indonesia. Di Kabupaten Bengkalis 4 MTs kembali akan dinegerikan, yaitu  di Rupat, Desa Meskom Bengkalis, di Sungai Alam Bengkalis dan di Bukit Batu," ujar Kamaruddin yang merupakan kelahiran Bengkalis, tanpa menyebut kapan ke-4 MTs itu akan dinegerikan.

Kamaruddin mengatakan itu ketika acara peresmian MTs Negeri 4 Bengkalis di Desa Petani, Kecamatan Bathin Solapan, Kamis, 10 Januari 2019.

Peresmian sekolah yang beralamat di jalan Rangau KM 15 (KUD) Desa Petani yang sebelumnya MTs Bustanul Ulum itu dilakukan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

“Dengan mengucapkan ’bismillahirrahmanirrahim’, MTs Negeri 4 Bengkalis Kecamatan Bathin Solapan, secara resmi dinyatakan berstatus negeri,” ujar Bupati Amril tepat pukul 11.47 WIB.

Dengan berubahnya status MTs Bustanul Ulum tersebut, saat ini di Kabupaten Bengkalis terdapat 4 MTs Negeri.

Adapun 3 MTs Negeri yang sebelumnya sudah ada di Bengkalis, diantaranya MTs Negeri 1 Bengkalis di jalan HR Soebrantas, Wonosari Timur, Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis.

Kemudian, MTs Negeri 2 Bengkalis di jalan Beringin Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan dan MTs Negeri 3 Bengkalis di jalan Jenderal Sudirman Desa Dompas Kecamatan Bukit Batu.

Saat ini, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, di Kabupaten Bengkalis terdapat tidak kurang dari 50 MTs. Baik itu MTs negeri maupun swasta yang dikelola yayasan maupun masyarakat setempat.

Berdasarkan data tersebut, MTs yang terdapat di Kecamatan Bukit Batu (sebelum pemekaran) adalah MTs Mujahiddin di Simpang Kulim Bukit Kerikil, Desa Bukit Kerikil. Kemudian, MTs Nurul Hasanah di Desa Tenggayun.

Saat ini, baik Bukit Kerikil maupun Tenggayun tidak lagi menjadi bagian dari Bukit Batu. Tetapi masuk wilayah Kecamatan Bandar Laksamana yang dimekarkan dari Bukit Batu. Adapun Tenggayun adalah ibukota Bandar Laksamana.

Sedangkan di Rupat ada sejumlah MTs. Yakni, MTs Al Falah, MTs Al Huda, MTs Al Wathan (Desa Pergam), MTs Al Anshor, MTs Ar Ridho, MTs Nurul Mukhsinin.

Sementara di Kecamatan Bengkalis khususnya di Sungai Alam dan Meskom masing-masing terdapat satu MTs. Yakni MTs Ar Rosyidiyah di jalan Awang Mahmuda Gg. Pelajar (Sungai Alam) dan MTs Tajhiz Diniyah di jalan Simpang Ayam (Meskom).

Untuk Rupat, meskipun di sana banyak MTs, namun kemungkinan besar yang bakal dinegerikan adalah MTs Ar-Ridho menjadi MTs Negeri 5 Bengkalis.

Pasalnya sebelum ini Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkalis H Jumari pada Mei 2017 pernah mengemukakan hal itu. Menyebut MTs Ar-Ridho akan berubah status menjadi MTs Negeri 5 Bengkalis. #DISKOMINFOTIK



[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan