Pemerintah

Bupati Bengkalis sambut Panglima TNI dan Kapolri

Bupati Bengkalis Amril Mukminin ketika menyambut Panglima TNI dan Kapolri

RUPAT (PRC) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian. Ph.D., melakukan kunjungan di Kabupaten Bengkalis tepatnya di Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat.Rabu, (13/03) siang. 

Ketibaan Panglima TNI dan Kapolri di Negeri Junjungan menggunakan helikopter dan mendarat di lapangan sepakbola Sungai Injab sekitar pukul 12.30 wib bersama Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution. 

Setibanya Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan di Kecamatan Rupat langsung disambut Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Timmy Prasetyo, Kepala Perangkat Daerah dan masyarakat. 

Kedatangan para petinggi TNI dan POLRI tersebut untuk melakukan peninjauan sistem penanganan serta dampak kebakaran hutan dan lahan  (Karhutla) yang terjadi beberapa waktu lalu di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

Disela-sela menunggu kedatangan Panglima TNI dan Kapolri di Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, Bupati Bengkalis Menyempatkan diri untuk melakukan peninjauan beberapa fasilitas umum dan pusat pelayanan publik di Kecamatan Rupat, Rabu (13/03) pagi.

Peninjauan oleh orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis tersebut  bertempat di SMP 1 Rupat, Puskesmas Batu Panjang, SDN 24 Batu Panjang, dan terakhir Pelabuhan Batu Panjang, di Kecamatan Rupat.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyampaikan ucapan selamat datang kepada para petinggi TNI dan Polri beserta rombongan.

“Selamat datang Kepada Panglima TNI dan Kapolri Di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis, Semoga dengan kedatangan para petinggi negara di Negeri Junjungan ini akan memberikan dampak dan pengaruh positif baik bagi pemerintah maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis ini,” Ujar Amril.

Ketika ditanya mengenai apakah masih ada hotspot di Kabupaten Bengkalis,  Ayah dari Septian Nugraha tersebut menyampaikan bahwa saat ini titik api atau hotspot nihil untuk Kabupaten Bengkalis.

Dan sebagai upaya pencegahan terhadap karlahut yang telah terjadi selama ini, menurut Bupati Amril kita telah dan akan melakukan beberapa upaya pencegahan. 

“Salah satu upaya pencegahan karlahut, kami sudah perintahkan Camat, Lurah dan Kades agar senantiasa siaga terhadap karlahut, ketika ada titik api segera tangani sebelum menjadi musibah bagi rakyat dan negara,” Pesan Amril.

Selanjutnya suami Kasmarni ini juga menyampaikan bahwa pada APBD-P tahun 2019 ini nantinya kita akan anggarkan kegiatan pemberian bantuan mesin pemadam mini  untuk sekitar 40-50 desa yang berada didaerah rawan karlahut. 

“Nanti kita pelajari dan telaah kembali apakah kegiatan dimaksud tidak menyalahi aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku. Jika tidak menyalahi aturan, maka kegiatan tersebut dapat kita laksanakan,” Pungkas Amril.

Senentara itu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P  menyampaikan, bahwa dirinya merasa senang bahwa kebakaran hutan di pulau Rupat telah berhasil dipadamkan, berbeda dengan kedatangan beliau sebelumnya yang masih ada 8 hotspot.

“Alhamdulilah berdasarkan pantauan kami dari atas sekarang pulau rupat sudah hijau royo-royo artinya sudah bebas dari api" ucap beliau.

 Selanjutnya beliau juga mengatakan akan menggerahkan seluruh pasukanya jika hal ini terjadi lagi, terlebih pada bulan september dan oktober akan menghadapi kemarau yang panjang.

“Yang jelas nanti akan ada pasukan saya disini akan berpatroli dan melaksanakan ambush jika ini memang di lakukan oleh manusia, dan kami akan membawanya ke pihak kepolisian,” terangnya

Menanggapi hal tersebut Kapolri mengatakan “pada prinsipnya jika ada unsur kesengajaan akan kita tindak secara tegas, tapi kita bersyukur saat ini tidak ada api dan tidak ada asap,” tuturnya.***



[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan