Peristiwa

Rumah Warga Desa Bumbung  Kembali Alami Keretakan

Beberapa titik rumah Sainah yang mengalami keretakan yang diduga akibat terjadinya pergeseran tanah.

BATHIN SOLAPAN (PRC) – Keretakan rumah warga Jalan Arjuna RT 03 RW 02 Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis kembali terjadi. Sebelumnya sekitar 4 tahun lalu juga telah terjadi keretakan belasan rumah warga di lokasi yang sama. 

“Sekitar 4 tahun lalu, kejadian seperti ini juga sudah pernah terjadi dan bahkan dulu ada belasan rumah yang mengalami keretakan dibahagian bangunan akan tetapi kali ini yang mengalami keretakan  adalah hanya rumah saya dan rumah anak saya yang disebelah itu,” kata Sainah (60)  pemilik rumah bersama menantunya Miarni (29)  kepada wartawan ( 4/4/19) kemarin. 

Diceritakannya bahwa kejadian kedua kali ini pihaknya sangat trauma dan sangat menimbulkan rasa takut yang begitu mendalam.

Karena bekas yang retak sebelumnya kembali menjaga dan semakin melebar walau sebelumnya sudah diperbaiki yaitu di dinding depan,dalam kamar dan juga dibahagian dapur. Bukan itu saja lantai keramik pun terlihat retak hingga jarak sekitar 5 centimeter. 

“Kami merasa trauma dan takut dengan kejadian kedua kali ini makanya kami pun tidak mau tidur dalam kamar kami takut kalau tembok runtuh dan bisa menimpa kami dan rencana kami akan mengungsi ke rumah famili disekitar ini,” kata Sainah dengan wajah sedih. 

Sainah yang tinggal bersama anak dan cucunya ini juga miminta kepada pihak pemerintah untuk dapat membantu mencari solusi serta juga melakukan pengecekan tentang kondisi tanah disekitar rumah. 

“Kita harapkan pihak pemerintah melakukan pengecekan untuk memastikan apakah nyaman untuk menempati rumah atau tidak rencana mau pindah bangun rumah di lahan anak saya tak jauh dari sini namun biaya untuk membangun rumah baru biaya tidak cukup,” keluhannya lagi. 

Mendapat laporan warga Kepala Desa Bumbung Amiruddin, SH bersama Babinsa Serda Alinaspi didampingi anggota LPM Boimin Kamis (4/4/19)  pagi langsung turun ke lapangan. 

Kepala Desa Bumbung Amiruddin, SH mengatakan kiranya pemilik rumah dapat mengungsi untuk sementara penyebab keretakan ini bisa saja akibat terjadinya pergeseran tanah di wilayah tersebut
Namun untuk memastikannya kita akan laporkan kepada pihak terkait. 

“Untuk mengantisipasi hal yang fatal, maka kita minta agar pemilik rumah sekeluarga dapat mengungsi sementara di rumah tetangga atau famili dan kejadian ini akan kita laporkan ke pihak terkait untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi tanah di lokasi itu,” kata Kades Bumbung saat dilokasi.***



[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan