Pemerintah

5 Tempat Wisata Alam Hits di Kabupaten Kampar 2019

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ZULIA DHARMA

Kampar (PRC) - Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Riau. Ibu Kota Kabupaten ini adalah Bangkinang di juluki sebagai serambih Makkah, yang berjarak 60 km dari Kota Pekanbaru. Kabupaten ini juga mempunyai kekayaan objek wisata yang tidak kalah dari daerah lainnya,
Selain hal tersebut, kabupaten kampar banyak memiliki objek wisata yang terkenal. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, dan wisata budaya berikut ini

Tepian Mahligai foto by google 

1. Tepian Mahligai 
Wisata yang berada di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

 Untuk menuju lokasi ini sangat gampang. 

Jalan sekitar 300 meter dari pinggir jalan nasional Riau-Sumbar kini telah dibeton sehingga memudahkan kendaraan keluar masuk. 

Jalan ini terlihat mulus hingga ke bibir danau. Kawasan Dermaga Tepian Mahligai benar-benar semakin bersolek seakan ingin memanjakan pengunjungnya.

Ada beberapa gazebo untuk bersantai ria sambil menghadap ke hamparan Waduk PLTA Koto Panjang. 

Kursi-kursi ditata apik di bawah tenda yang menarik. Sehingga suasana benar-benar romantis. 

Berkumpul dengan keluarga tercinta, kerabat atau rekan kerja dijamin dalam suasana yang hangat.

Ada beberapa spot menarik yang selalu menjadi incaran wisatawan untuk berfoto atau sekedar berswafoto. 

Salah satu adalah gerbang yang dihiasi bunga-bunga dan beberapa tempat duduk yang sengaja ditaruh di belakangnya.

Objek lain yang tak kalah menarik adalah jembatan terapung sepanjang sekira 100 meter.

Danau Rusa by google

2. Danau Rusa
Wisata Alam Danau Rusa yang terletak di Kecamatan XIII Koto Kampar, saat ini viral di media sosia seperti, FB, Instragrm dan Twiter, mulai ramai di kunjungi wisatawan dari daerah maupun di luar daerah, yang lebih menarik lagi danau rusa akan di selenggarakan event International Dragon Boat Festival yang akan di ikuti oleh 10 Negara.

3. Ulu Kasok merupakan destinasi wisata hits terbaru di kabupaten Kampar dan sekilas mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat, bahkan banyak wisatawan yang menyebutnya “raja Ampat ala Kampar”

Ulu Kasok foto by google

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat pagi dan sore hari, bahkan wisatawan dari luar daerah selalu memadati tempat ini di hari libur.

Ulu Kasok menawarkan 3 obejk wisata utama, diantaranya pulau yang bisa diitari menggunakan speedboat, air terjun Ulu Kasok, dan Puncak Ulu Kasok.

Dari ketiga destinasi ini, puncak Ulu Kasok menjadi destinasi unggulan yang banyak diburu wisatawan.

Untuk mencapai puncak dibutuhkan tenaga ekstra dengan cara berjalan kaki serta dan mendaki bukit dengan jarak berkisa 500 meter.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena setiba di Puncak rasa lelahmu akan terbayarkan. Kamu akan disuguhi pemandang yang eksotis 

Lokasi: Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, 

Gren Canyon Gulamo Photo by @ade_juliandri

4. Gren Canyon Gulamo
Sungai Gulamo terletak di kawasan PLTA Koto Panjang dengan bantaran sungai yang jernih dengan tebing terjel berupa cukang teneuh.


Sungai Gulamo memiliki kesan unik, berudara sejuk, dihiasi dengan tebing-tebing terjal, serta di kelilingi pepohonan hijau. Destinasi ini mirip dengan Gren Canyon di Sungai Colorado Amerika Serikat.

Batu cadas keras dengan air mengalir yang cukup tenang menambah kesan adem di tempat ini. Di sana kamu bisa berenang, mencoba rave tubung, serta melakukan body Rafting.

Lokasi: Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kebupaten Kampar, Riau.

Candi Muara Takus foto by google

5.Candi Muara Takus
Wisata Hits Candi Muara Takus Kampar, Candi Muara Takus merupakan destinasi wisata paling hits di Kampar yang menjadi satu-satunya di provinsi Riau.

Kompleks candi Muara Takus dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter, di bagian luarnya terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer hingga pinggiran sungai Kampar Kanan.

Uniknya di sekitar lokasi terdapat beberapa candi seperti candi bungsu, candi palangkan, dan Mahligai Stupa.

Tempat ini cocok dijadikan sebagai destinasi sejarah dengan beberapa spot kece berlatar candi.

Lokasi: Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kebupaten Kampar, Riau.

Banyaknya tempat wisata alam yang menarik dan miliki panorama alam yang begitu indah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Optimistis Gaet 2 Juta Wisatawan di 2019 ini.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar mencatat industri parawisata di 2018 mampu menggaet kunjungan wisatawan 1.651.406 jiwa.

Dari wisatawan ini menghasilkan perputaran uang sebesar Rp 36 miliar lebih.

Jumlah perputaran uang di industri pariwisata ini mengalami peningkatan dari tahun 2017 lalu sebesar 94,98 persen.

Dijelaskan Kepala Dinas Kabupaten Kampar, Zulia Dharma, pada tahun 2017 lalu angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kampar hanya mencapai 847.321 jiwa dengan besar perputaran uang lebih kurang Rp 17 miliar.


"Ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup menggembirakan bagi industri pariwisata Kampar," jelasnya.

Tahun 2019 ini Dinas Parawisata Kabupaten Kampar menargetkan angka kunjungan berada di sekitar 2 juta jiwa dengan perputaran uang mencapai Rp 70 miliar.

"Untuk mewujudkan ini semua butuh dukungan dari semua pihak, tokoh masyarakat sehingga nantinya apa yang ditargetkan dapat tecapai," ucapnya.


Zulia Dharma menegaskan dalam pengembangan pariwisata di Kampar pemerintah akan tetap menjunjung tinggi julukan Kampar Serambi Mekahnya Provinsi Riau."ujarnya.

(Amri / Advetorial Kampar) 



[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan