Bakamla SPKKL Tual Evakuasi KM Sinar Jaya Yang Alami Rusak MesinĀ 

Rabu, 14 Agustus 2019

Tual (PRC) -13 Agustus 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard)--- KM Sinar Jaya mengalami kerusakan mesin dan putus jangkar di Perairan Tanjung Burang, Kec. Kei Besar, kemarin. Sejumlah personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla RI/IDNCG tergabung dalam tim Search and Rescue (SAR) Gabungan melakukan evakuasi dan penarikan kapal ke pulau terdekat, Minggu (12/8/2019).

Berdasarkan informasi dari Nakhkoda KM Sinar Jaya sekira pukul 12.10 WIT, kapal mengalami rusak mesin dan putus jangkar di sekitar Perairan Tanjung Burang Kecamatan Kei Besar. Dikatakan kapal penangkap ikan tersebut berjumlah ABK 13 orang. Mendapat informasi tersebut, dikerahkan tim SAR Gabungan menggunakan KN SAR Bharata dengan personel dari Pos Tual, SPKKL Tual Bakamla, Brimob, Polres, Syahbandar Tual, dan KN SAR Bharata. 

Pada pukul 12.30 WIT, tim SAR Gabungan bertolak dari Pangkalan PSDKP Tual menuju lokasi yang berjarak sekitar 42,16 kilometer, 58,74° arah timur laut dari pangkalan PSDKP Tual, dekat Pulau Waer depan Tanjung Burang Kei Besar. Kapal berbobot 30 GT itu dievakuasi dan 13 ABK dinyatakan selamat.

Sementara itu, kapal yang terombang ambing di lautan Tanjung Buram tidak dapat dievakuasi ke Tual sehingga untuk sementara ditarik dan ditambatkan di desa Waer, yang merupakan desa terdekat, dibantu masyarakat Desa Waer. Nakhkoda KM Sinar Jaya bersama satu ABK bersama tim SAR menuju Tual untuk tindakan penarikan kapal lebih lanjut, adapun ABK lainnya masih berada di Desa Waer untuk menjaga kapal.

Autentikasi :

Kasubbag Humas Bakamla RI, Letkol Bakamla Mardiono