6 Lego Dinosaurus Karnivora yang Paling Terkenal

Ahad, 19 September 2021

PANTAU RIAU - Berbicara tentang Dinosaurus, LEGO juga memiliki koleksi mainan series binatang purba ini. LEGO Jurassic World merupakan hasil kolaborasi antara perusahaan mainan LEGO dengan film Jurassic World.
Dinosaurus adalah hewan yang diyakini sudah hidup di bumi ratusan juta tahun yang lalu. Digambarkan bahwa dinosaurus adalah makhluk dengan ukuran yang sangat besar, sangat jauh lebih besar dari hewan-hewan yang ada pada masa kini.
Dinosaurus sendiri diyakini cukup besar keberadaannya berdasarkan penelitian ataupun penemuan dari fosil-fosil tertentu oleh para arkeolog. Kepunahannya, diperkirakan karena adanya hujan meteor yang menghantam bumi beberapa puluh juta tahun lalu.
Dinosaurus memiliki berbagai macam jenis, ada dinosaurus yang hidup di air, di darat, bahkan di udara. Selain itu, ada juga dinosaurus yang pemakan daging atau karnivora, pemakan tumbuhan atau herbivora, serta pemakan segala yang biasa disebut omnivora.
Di sini, kami akan membahas mengenai 6 dinosaurus karnivora terkenal yang ada di muka bumi. Oleh karena itu, tanpa berlama-lama lagi, mari kita masuk ke pembahasannya.

1. Tyrannosaurus
Tyranosaurus Rex atau biasa disebut T-Rex adalah salah satu dinosaurus pemakan daging terbesar yang paling dikenal oleh banyak orang. T-Rex dipercayai merupakan salah satu pemburu yang paling ganas dengan kemampuannya. Ia menjadi salah satu predator darat terbesar dan diperkirakan memiliki gigitan paling kuat diantara semua hewan darat.
Ia memiliki tinggi antara 4 hingga 6 meter dengan panjang sekitar 12 meter. Selain itu, beratnya diperkirakan antara 8 sampai 14 ton. 

2. Spinosaurus
Spinosaurus juga diyakini menjadi salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ada. Ia memiliki tinggi tubuh sekitar 5 meter dengan panjang hingga 15 meter. 
Ciri utamanya ada pada punggungnya yang terdapat tulang menonjol yang tampak seperti rambut punk. Para ilmuwan yakin bahwa dinosaurus ini memiliki kemungkinan besar untuk dapat berenang.

3. Velociraptor
Nama dari dinosaurus ini memiliki arti yang unik yaitu pencuri yang gesit. Velociraptor adalah dinosaurus karnivora yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari lainnya, serta biasa hidup berkelompok.
Velociraptor adalah predator yang tidak memilih-milih makanannya, mereka menyerang semua makhluk hidup yang ada dengan cara berburu mereka yang mengandalkan kemampuan individu serta kelompok mereka.

4. Coelophysis
Dinosaurus yang satu ini juga memiliki perawakan yang kecil, tetapi lebih ramping dari velociraptor. Selain itu, Coelphysis juga memiliki leher yang cukup panjang serta kepala yang menyerupai kadal. 
Coelophysis merupakan dinosaurus yang bergerak dengan cepat dan gesit. Dinosaurus ini diyakini memiliki panjang tubuh sekitar tiga meter dan tinggi hanya sekitar 1,25 meter. Ukurannya yang kecil itulah memaksanya serta memberinya kemampuan untuk bergerak cepat.

5. Allosaurus
Allosaurus adalah dinosaurus pemakan daging yang memiliki ukuran cukup besar, mungkin hampir setara dengan Tyrannosaurus. Ia memiliki perkiraan tinggi sekitar 4 meter, dengan panjang 12 meter, serta berat hingga 6 ton. 
Allosaurus memiliki gigi kuat yang tajam dan bergerigi di bagian belakang, mereka juga dipercaya dapat berlari dengan cepat ketika berburu mangsanya.

6. Gigantosaurus
Gigantosaurus adalah dinosaurus yang memiliki bentuk tubuh hampir sama dengan Tyranosaurus. Perbedaan dari mereka adalah pada panjang tubuhnya, dimana Gigantosaurus memiliki panjang yang sedikit berlebih dibandingkan T-rex.
Gigantosaurus memiliki gigi yang sangat banyak dan panjangnya bisa mencapai 17 cm. Sebuah senjata yang cukup ampuh untuk menyerang mangsa-mangsanya. Gigantosaurus diyakini sebagai saingan berat dari T-rex berdasarkan keganasan serta postur tubuh yang ia miliki.
Jika kalian memiliki ketertarikan dengan kehidupan dunia dinosaurus, mungkin kalian bisa mencoba menonton film Jurrasic World. Film ini mengambil tema tentang kehidupan dinosaurus, dimana ada suatu taman hiburan yang memiliki berbagai macam dinosaurus di dalamnya.