Bupati Bengkalis Ikut Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu Tahap II

Jumat, 17 November 2023

PANTAU BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni mengikuti Rapat Koordinasi lintas sektoral pengamanan Pemilu tahap II Jum’at, 17 November 2023 di Grand Elite Pekanbaru.

Acara dibuka langsung oleh Plt. Gubernur Riau diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masrul Kasmy. Adapun tema yang diusung yakni “Dengan Sinergi dan Kolaborasi Kita Wujudkan Pemilu yang Berdaulat di Provinsi Riau”.


Masrul Kasmy mengatakan arahan Presiden Republik Indonesia terkait kesiapan pelaksanaan pemilu serentak 2024 yakni.

Yang pertama Seluruh kegiatan di semua tahapan memiliki pengaturan teknis dan koridor hukum yang jelas.

Kedua, Sarana dan prasarana logistik harus disiapkan secara detail serta pengadaannya dilakukan secara tepat baik waktu maupun jumlahnya.

Ketiga, Perkuat SDM disemua tingkatan, bekali pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan agar memiliki tugas dengan baik.

Keempat, Bekerja dengan efisien, manfaatkan anggaran dengan cermat dan atur skala prioritas. Dan

Kelima, Perkuat pendidikan politik bagi para kontestan maupun masyarakat. Ajak lakukan pemilu yang damai, jujur dan berintegritas.


Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol H. M. Iqbal, S.I.K dalam sambutannya mengatakan saat ini budaya demokrasi yang berada di negeri semakin hari semakin baik. Februari tahun 2024 mendatang akan dilaksankan pesta demokrasi.

“Selaku aparat kita wajib untuk bahu membahu dan bergandengan tangan untuk meyakinkan bahwa pelaksanaan kontestasi pemilu di tahun depan dapat dilaksanakan dengan aman, damai, berdaulat, dan berintegritas,” kata Kapolda.


Kapolda Riau menambahkan kita mengetahui pelaksanaan pemilu dilaksanakan KPU dan Bawaslu beserta jajarannya. Semua harus bergandeng tangan untuk mengambil peran agar pemilu aman, damai dan kondusif.

“Kapolda Riau tidak bisa bekerja sendiri, semua pihak harus bersama-sama dengan melakukan langkah awal dengan melakukan pra kondisionik (cooling system), bersilaturahmi dengan elemen masyarakat dan tokoh ulama, tokoh masyarakat, pemuda dan insan pers. Dan intinya hanya satu kita ingin persatuan dan kesatuan bangsa dapat terwujud,” katanya.

Iqbal menambahkan persaingan tentu pasti dimiliki setiap individu, jika semuanya dapat berjalan tentu menjadi sebuah kebanggan yang harus diciptakan, menang dan kalah menerima dengan baik.


“Alhamdulilah tahap pertama sudah selesai dilaksanakan dengan pengamanan alat praga kampanye, apel kesiapsiagaan yang diikuti Kabupaten/Kota juga sudah dilaksanakan dengan baik. Kita juga sudah melakukan simulasi (Sispamkota) kita sudah siap juga jika hal buruk terjadi, walaupun itu tidak kita inginkan,” ujarnya.

Selanjutnya Iqbal menjelaskan berbagai upaya preventif telah dilaksanakan dengan seluruh penguatan dengan melibatkan TNI dan stakeholder sudah dilakukan dengan baik.

Usai acara Bupati Bengkalis Kasmarni mengatakan akan menindaklanjuti arahan dari Presiden Republik Indonesia dan Kapolda Riau dalam mencipatakan Pemilu yang damai, aman dan berintegritas khususnya di Negeri Junjungan.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Gubri, Kapolda Riau, Dandrem, Prokopimda, Bupati Walikota se-Provinsi Riau, Kapolres Kabupaten Kota Se-Provinsi Riau, Dandim, KPU, Bawaslu se-Provinsi Riau.inf