Pemerintah

BKKBN Riau Sosialisaikan Bagaimana Jadi Orang Tua Hebat

BENGKALIS (PRC) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Kabupaten Bengkalis mensosialisasikan bagaimana menjadi orang tua hebat dalam rangka pembinaan ketahanan keluarga balita dan anak, Kamis 21 Februari 2019, bertempat di Aula Balitbang Jalan Pertanian Bengkalis.

Acara sosialisasi tersebut langsung dibuka Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau Agus P. Proklamasi didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Kabupaten Bengkalis Ismail.

Sosialisasi itu menyajikan dua materi yakni, ketahanan keluarga yang disampaikan Kabid KS PK BKKBN Provinsi Riau Hj. Yasni dan pengelolaan BKB HI yang disampaikan Kasubbid BKBAKKL Tresnawati.

Adapun peserta yang  diundang pada acara tersebut semua Kader dari utusan Kecamatan, Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan, Siak Kecil Bukit Batu dan Bandar Laksamana.

Dalam arahan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau Agus P. Proklamasi mengatakan, Orang tua hebat itu adalah bagaimana agar anak-anaknya nanti kawin pertama wanitanya sudah mencapai umur 21 tahun. Karena pada usia 21 tahun reproduksi sudah sempurna, kemudian sudah siap mental serta sudah memiliki life skill.

“Meskipun Negera tidak melarang untuk kawin dibawah umur 21 tahun, namun alangkah baiknya, kawin bagi wanita itu sudah cukup usia yaitu 21 tahun,” ujar Agus.

Adapun tujuan sosialisasi ini tambah Agus, adalah bagaimana cara membina keluarga yang berkualitas.

“Orang tua hebat itu bagaimana dia bisa mengadvokasi lingkungannya dengan sebaik-baiknya terhadap keluarganya, sehingga anak-anaknya mengerti tentang bagaimana pola hidup sehat dan sejahtera, BKKBN Provinsi Riau akan memberikan semua fasilitas yang ada di KKBPK seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, tentunya Bengkalis sebagai Kabupaten pertama pada tahun 2019 yang saya kunjungi hari ini. ” ungkapnya.

Kegiatan ini bagaimana memberdayakan masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis ini, dalam hal mempersiapkan kelurganya juga mempersiapkan masa remajanya dan bagaimana nanti masa pada saat usia lanjut, program KKBPK mengurus mulai dari para wanita subur sampai dengan menuju taman bahagia.

Semetara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISDALDUK-KB) Kabupaten Bengkalis Ismail, mengatakan, Program dari Dinas pengendalian penduduk ini disamping bagaimana meningkat upaya keikutsertaan masyarakat atau pasangan subur untuk ber-KB juga menjadi perhatian membangun keluarga sejahtera, keluarga memiliki ketahanan yang baik, mulai dari memiliki balita, memiliki remaja hingga lansia, jadi lansia itu bagaimana mereka hidup dengan baik, dan bisa mengoptimalkan pada kemajuan bangsa dan negera.

“Kegiatan ini kita harapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis, karena pembangunan  ini penting, ini adalah bagian dari pembangunan sumber daya  manusia,” ujar Ismail.#DISKOMINFOTIK

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan