Pemerintah

Penyandang Disabilitas Kota Dumai,Kini Dibekali Kartu KPD

Advetorial Dinsos

DUMAI (PRC) - Penyadang Disabilitas Kota Dumai kini dibekali kartu Penyadang Disabilitas (KPD) kartu tersebut dikeluarkan pemerintah pusat melalui Online.

UntukTahun 2018 Dinas Sosial kota Dumai telah mendapatkan kartu penyadang Disabilitas sebanyak 31 orang jumlah terbanyak dari Propinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan Kadisos Hasan melalui kasi Reksos,PD KPO dan KTK Zahari Senin (18/3) diruang kerjanya.

Sesuai dengan arahan Kadis Dinsos kota Dumai,menintruksikan untuk Rehabilitas,sosial,Penyadang PD, KPO dan KTK untuk melaksanakan input data penyadang disilitas kota Dumai dalam rangka menghimpun penyandang disabiitas yg berjumlah ratusan.

Hal tersebut,guna merebut peluang bantuan dari pemerintah pusat melalui kementrian sosial indonesia." Ungkap zahari. 

Program kelengkapan,peralatan alat bantu untuk mencari peluang membantu kebutuhan penyandang Disabilitas yang kini masih banyak memerlukan uluran bantuan dari Pemerintah Pusat.

Harapan Kadisos, pemerintah pusat dapat mengkucurkan bantuan di Daerah khusus nya Kota Dumai yang kini masih menunggu.

meluncurkan kartu penyandang disabilitas Program Kementerian Sosial. Tahap pertama kartu tersebut diserahkan kepada 31 orang penyandang disabilitas di Kota Dumai.

"Dinas Sosial Kota Dumai meluncurkan kartu penyandang disabilitas program kementerian sosial. Tahap pertama, kartu disabilitas diserahkan kepada 31 orang pada Maret 2019," Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri SKom, Kamis (18/4).

Menurutnya, ada 256 penyandang disabilitas di Kota Dumai, namun baru 31 penyandang disabilitas yang terverifikasi lengkap. Secara bertahap, kartu akan diberikan untuk para penyandang cacat yang terdaftar di Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI. "Bulan ini kami masih melakukan verifikasi data," tambahnya.

Hasan menambahkan, kartu tersebut berguna karena bisa memberikan manfaat-manfaat di antaranya akan diintegrasikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mempermudah akses mereka terhadap layanan publik. 

Selain itu, kartu ini bermanfaat untuk mengidentifikasi jenis disabilitasnya seperti apa, kategorinya apa. Sehingga pemerintah dapat memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas.

Sebagai contoh, pemerintah akan memenuhi hak-hak penyandang disabilitas terutama terkait pelayanan publik seperti tempat parkir khusus disabilitas.

Dengan memegang kartu tersebut, lanjutnya, penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan pekerjaan sebab perusahaan wajib merekrut penyandang disabilitas, agar dapat bekerja di perusahaan sesuai keahlian penyandang disabilitas pada setiap penerimaan tenaga kerja baru.

Selain itu, Hasan menegaskan, dirinya tengah melakukan pendataan terkait kebutuhan penyandang disabilitas di Dumai, Seperti kebutuhan kursi roda, alat bantu dengar, operasi katarak dan lainnya. Setelah di data akan dilaporkan ke kementerian sosial untuk memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas.

Setelah terverifikasi akan diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat untuk mendapatkan anggarannya. "Tahun ini juga kami tengah membahas ranperda tentang Pemenuhan hak-hak disabilitas dan sudah masuk prolekda 2019. Mudah-mudahan segera disahkan menjadi perda guna memenuhi hak-hak penyandang disabilitas," tambahnya 

Hasan juga menegaskan, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap disabilitas di Kota Dumai tahun ini juga dilaksanakan pelatihan disabilitas bagi 25 disabilitas Kota Dumai untuk pembekalan keterampilan.

"Sebagai wujud kepedulian Pemerintah terhadap disabilitas di Kota Dumai tahun ini juga dilaksanakan pelatihan disabilitas bagi 25 disabilitas Kota Dumai untuk pembekalan 

 

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan