Pemerintah

Camat Bathin Solapan Lantik Anggota BPD Simpang Padang

Plt Camat Bathin Solapan Azuar saat melantik Anggota BPD Desa Simpang Padang

BATHINSOLAPAN (PRC) – Bupati Bengkalis melalui Plt Camat Bathin Solapan, Azuar SH melakukan pengambilan sumpah jabatan sekaligus pelantikan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Simpang Padang, Penggantian Antar Waktu (PAW) periode 2019 - 2020, Kamis (18/7/2019).
Acara pelantikan tiga anggota BPD Simpang Padang ini, dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Desa Simpang Padang.

Selain Kepala Desa Simpang Padang, Asrizal SH MH mendampingi Plt Camat Bathin Solapan, Azuar SH acara pelantikan dihadiri Kepala KUA Mandau, Mahzum, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. Turut hadir Bhabinkamtibmas Desa Simpang Padang yang baru, Aiptu Ekanedi, Kasi PMD Kecamatan Bathin Solapan, ketua BPD, perangkat Desa Simpang Padang, seluruh ketua RT dan RW Desa Simpang Padang dan undangan lainnya.

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan anggota BPD Simpang Padang Penggantian Antar Waktu diawali dengan  pembacaan SK Bupati Bengkalis tentang pengangkatan tiga anggota BPD Pengganti Antar Waktu Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan. Ketiga anggota BPD yang dilantik dan diambil sumpahnya itu, masing-masing Bochori, Tega Ilham Pernanda dan Azman. Mereka menggantikan Anuarsyah (ketua BPD), Zaki Ulumuddin (anggota) dan Hidayat (anggota).

Dalam sambutannya, usai melantik anggota BPD Simpang Padang PAW, Camat Bathin Solapan atas nama pribadi dan Pemerintah Kecamatan Bathin Solapan mengucapkan selamat kepada BPD yang baru saja dilantik. "Jadikan momentum ini sebagai tonggak awal bagi saudara dalam melanjutkan upaya-upaya untuk membangun masyarakat desa yang sejahtera,” ucapnya. 

BPD menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, kata camat menerangkan, merupakan wakil dari penduduk berdasarkan keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis bersama kepala desa. Fokus menegakkan peraturan, menggerakkan dan mengeluarkan aspirasi masyarakat. 

Mengingat tugas dan tantangan ke depan dalam proses penyelenggaraan Pemerintahan Desa, BPD haruslah seiring sejalan dengan kepala desa serta bersinergi dengan perangkat desa lainnya dalam pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan Pemerintahan Desa serta pembinaan kepada masyarakat desa.

Untuk menjawab tantangan itu perlu kerja keras, kepada BPD yang baru saja dilantik laksanakanlah tugas dengan sungguh-sungguh berlandaskan peraturan yang berlaku. Dimana BPD juga bagian dari Pemerintahan Desa sekaligus juga merupakan lembaga perwujudan demokrasi di dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa. 

“Sebagai mitra Pemerintah Desa, BPD harus mampu membangun hubungan yang harmonis serta bekerja bersama dalam Pemerintahan Desa,  berinisiatif membuat peraturan desa dan dituntut mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan desa,” pungkasnya.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan