Daerah

Pemkab Rohil Kempanyekan Germas di Sela Hiburan Rakyat.

Bupati Rohil sematkan PIN kepada salah satu pelopor

Bagansiapiapi (PRC) HUT RI ke 74 Tahun 2019  Pemkab Rohil adakan Berbagai kegiatan salah satunya kegiatan tersebut adalah Salam Germas yang diadakan di Lapangan Koni Bagansiapiapi Jalan utama kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Kamis 29/08/2019 

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat

Kegiatan tersebut diHadiri oleh Bupati Rokan Hilir H.Suyatno wakil Bupati Rokan Hilir H.Jamaludin , sekda Rohil H.Surya Arfan Msi , Kejari Rokan Hilir yang diwakili oleh Kasi intel Kejari Rohil Fathar Junaedi .SH. , juga Di Hadiri plh kadis kesehatan  propinsi  riau dr.yohanes.Msi beserta beberapa pejabat dan staf diskes Propinsi serta Kepala tinggi Pratama , Kodim 0321/Rohil , Ketua Darmawanita TPKK Rohil Hj.Wan Mardiana Suyatno , Kapolsek Bangko , serta Siswa/i Dikecamatan Bangko .

Berbagai Kegiatan difokuskan Dilapangan Koni  kecamatan Bangko seperti Panjat Pinang Tarik Tambang . Marathon 10K , termasuk Kampaye Gerakan Masyarakat Sehat ,. Diwaktu bersamaan Bupati Rokan Hilir H.Suyatno mencanangkan pemasangan PIN kepada perwakilan Forkomoimda dan Pemberian vaksin kepada anak Sekolah yang juga diikuti oleh Wakil Bupati ,serta Sekda Rokan Hilir .

Dikonfirmasi kepala dinas Kesehatan Kabuoaten Rokan Hilir Nurs.Dahniar .Skep .Mkes melalui Sekretaris diskes Ahmad yusuf " Kegiatan program germas ( gerakan masyarakat ) hidup sehat dimana  dalam kegiatan bersempena Menyambut HUT RI ke 17 Tahun 2019 tersebut ,  Kita adakan juga Kegiatan Program Germes dimana Propinsi Riau menunjuk Kabupaten Rokan Hilir yang  di Fokuskan sebagai tempat pencananganya Germes .jelas ahmad 

Tujuan dalam Program Germas adalah Upaya mengenalkan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat serta membangun komitmen terhadap kesehatan . pemerintah daerah serta stame holder lain nya mendorong agar masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatan seoptimal mungkin.

Tentunya  GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup sehat dapat dimulai dari 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin. 

Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

Salah satu dukungan nyata lintas sektor untuk suksesnya GERMAS, diantaranya Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang berfokus pada pembangunan akses air minum, sanitasi, dan pemukiman layak huni, yang merupakan infrastruktur dasar yang mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan dalam hal keamanan pangan. Tuntasnya (syafry)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan