Daerah

Dongkrak Bidang Pemberdayaan, Pemdes Sawah Baru Buka Pelatihan Menjahit 

Kampar (PRC) - Pelatihan kerja sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja dalam penguasaan keterampilan yang dapat digunakan untuk mencari nafkah.

Hal ini yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sawah Baru, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar,  membuka pelatihan Menjahit untuk masyarakat menggunakan dana desa (DD) TA 2019, khususnya bagi kaum ibu-ibu untuk pelatihan menjahit.

Acara pelatihan ini dibuka langsung oleh Camat Kampa Dedi Herman, S.STP didampingi Kepala Desa Sawah Baru Sofian dan dihadiri oleh Ketua BPD Drs.H.Bustani Adh pendamping Desa dari Kecamatan dan lokal,  sejumlah perangkat desa masyarakat setempat.

"Kegiatan ini merupakan program untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat,  baik secara individu maupun kelompok untuk turut berpartisipasi memecahkan berbagai permasalahan yang terkait pada upaya peningkatan kualitas kehidupan, kemandirian dan  kesejahteraan masyarakat," ujar Camat Kampa Dedi Herman kepada pantauriau usai acara, Senen (16/9).

"Target kita bagai mana nantinya desa ini bisa menjadi desa konveksi," lanjut Camat Kampa.

Kita harapkan," setelah kegiatan ini kepada peserta agar bisa mempraktekkannya, Pelatihan ini sangat potensial sebagai peningkatan ekonomi sehingga peserta bisa saling bersinambungan dari permodalan, produksi, pemasaran dan pemanfaatan," Kata Dedi Herman.  

Kepala Desa Sawah Baru Sofian menambahkan, Pemerintah Desa Sawah Baru saat ini hanya memberi pelatihan tanpa memberikan mesin jahit.

"Agar keterampilan pasca pelatihan tetap dapat dimanfaatkan, kami sepakat dengan BPD akan memberikan mesin jahit. Tapi untuk saat ini hanya sebatas pinjam pakai kepada peserta selama 1 tahun, semalam 3  bulan sekali, akan kami lakukan pengecekan dan dimintai laporan dari peserta pelatihan ini, apakan dimanfaatkan atau tidakn mesin jahit yang telah di pinjamkan" ujar Sofian.


Dengan adanya pelatihan menjahit ini," saya berharap kepada ibu - ibu yang ikut pelatihan ini betul - betul menjadi ibu - ibu mandiri, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian rumah tangga mereka," harapannya.

Sementara itu salah seorang peserta Eni saat di temui pantauriau menyampaikan sangat berterimakasih kepada Pemdes Sawah Baru telah mubuka pelatihan ini. 

Dengan adanya pelatihan ini nanti dapat membantu kami dalam menumbuhkan perekonomian.

"Kami berharap Pemdes Sawah Baru juga dapat memberikan bantuan mesin jahit agar, kami dapat mengembangkan diri dirumah  agar lebih baik lagi," imbuhnya. (amri)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan