Daerah

Menyikapi masalah kesehatan akibat dampak asap dinkes berupaya himbau masyarakat perbanyak mengkonsumsi buah dan Air putih

Sekeretaris Diskes Rokan Hilir M.Yusuf

PANTAURIAU.COM - Mengingat situasi dan kondisi kabut asap saat ini masih saja menghiasi langit Riau khususnya Rokan Hilir dan tentunya akan berdampak pada kesehatan masyarakat untuk itu Dinas Kesehatan Rokan Hilir mengambil langkah-langkah antisipasi  terjadinya penyakit seperti Inspeksi saluran pernafasan (ISPA ) dan untuk itu mengingatkan seluruh Puskesmas di daerah agar tanggap dengan situasi terkini. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Ns Dahniar Skep M.kep, melalui Sekretarisnya Ahmad Yusuf, kepada pantauriau.com melalui selulernya minggu  22 September 2019. Mengatakan "Dengan melihat kondisi asap sebagai akibat dari kebakaran hutan dan lahan pasti memberikan pengaruh dan dampak terhadap masalah kesehatan.

Hal ini terlihat dengan meningkatnya kasus penyakit infeksi saluran pernafasan bagian atas ( ISPA ). meskipun sebenarnya jika kita melihat bahwa ISPA merupakan urutan teratas dari 10 jumlah penyakit terbesar yang terjadi di kabupaten rokan hillir 

meskipun penyakit ISPA , dirokan hilir kita berada pada kondisi yang signifikan dalam kasus seperti sekarang ini.  Namun dinas kesehatan tetap menghimbau puskesmas agar aktif mensosialisasikan kepada masyarakat dengan tebalnya asap pada saat ini bisa juga terjadi peningkatan kasus ISPA. Jelas  Yusuf

Berlanjut lebih jelasnya beliau mengatakan Upaya yang dilakukan oleh dinas kesehatan rohil. Dengan menginstruksikan kepada seluruh puskesmas  yang ada beserta jejaringnya seperti pustu, polindes harus selalu sigap dan tanggap dengan persoalan ini

Supaya dapat meminimalisir masalah kesehatan terhadap masyarakat. Kita buat posko kesehatan akibat asap di setiap kecamatan, kita juga mendirikan pos kesehatan di lokasi yg berdekatan dengan  lokasi  kebakaran lahan karena disamping dapat dimanfaatkan masyarakat juga dapat melakuakan pemeriksaan dan pelayanan terhadap rekan rekan yang  bertugas memadam api.

Kita juga menghimbau masyarakat melalui penyuluhan langsung , melalui media seperti baleho dan spanduk ,  dan juga berkeliling dengan menggunakan ambulance puskesmas di pemukiman warga dengan menggunakan pengeras suara mengingatkan kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar rumah/ruangan, jika harus keluar rumah jangan lupa gunakan masker. 

Banyaklah mengkonsumsi air putih dan konsumsi makanan yg bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jika muncul gejala ISPA atau penyakit lain akibat asap segera mendatangi tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan. 

Dinkes juga sudah mendistribusikan masker ke seluruh kecamatan untuk membantu masyarakat. Pembagian masker dilakaukan oleh puskesmas dan kita juga dibantu oleh teman teman organisasi ptofesi seperti PPNI rohil yang juga membawa HIPGABI  propinsi riau, IAKMI dan beberapa organisasi profesi kesehatan lain nya dalam membagikan masker sembari memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Kita juga berdoa agar kondisi ini akan cepat berakhir.harapannya (syafry)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan