Daerah

Menguak Sisi Pelaksanaan Rigid Jalan Utama Bagansiapiapi Bersumber DANA DAK

Ilustrasi gambar

PANTAURIAU.COM -  Diduga tidak sesuai dengan ketentuan pengelolaan keuangan daerah pekerjaan Rigid Jalan Utama kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Bagansiapiapi yang bersumber dari Sisa Tender DANA DAK tahun berjalan pada  tahun anggaran 2016 diduga menyalahi ketentunan pengelolaan keuangan daerah dan juknis  pelaksanaan DAK Fisik Bidang Infrastruktur Tahun 2016. (Selasa 15/10/2019)

Dikonfirmasi melalui sumber yang namanya tidak ingin disebutkan  menjelaskan bahwa  " diperoleh dari penelurusan dilapangan bahwa pekerjaan Rigid Jalan Utama kelurahan Bagan barat kecamatan Banglo Bagansiapiapi Rokan Hilir , yang pada saat itu dikerjakan oleh  PT. Fajar Berdasi Gemilang diduga tidak masuk dalam Perda APBD Tahun Anggaran 2016 dan Usulan DAK tersebut muncul secara tiba tiba jauh setelah APBD 2016 disyahkan dimana kegiatan tersebut sama sekali tidak tercantum dalam APBD dan Dokumen DPA SKPD Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2016.

Secara aturan memang dimungkinkan dilakukan pergeseran anggaran untuk kegiatan  seperti Bantuan Keuangan dan DAK namun tidak mengatur untuk sisa tender DAK tahun berjalan. Menurut aturan penggunaan sisa tender DAK tahun berjalan baru dapat digunakan pada Perubahan APBD Tahun 2016, namun hal ini terkesan dipaksakan sehingga menimbulkan dugaan penyimpangan.

Pekerjaan yang diperkirakan menghabiskan dana sebesar Rp. 8,1 Milliar tersebut, selain diduga tidak punya dasar hukum yang cukup dalam pelaksanaannya juga diduga dilaksanakan tanpa pengawasan hal didasarkan pada anggaran pengawasan yang baru dialokasi pada APBD Perubahan 2016 sehingga dikwatirkan pekerjaan ini diduga dilaksanakan tidak sesuai dengan spesipikasi kontrak.

Hinga berita ini diterbitkan awak media ini  , ingin  menemui dan memintai Konfrimasi serta konfirmasi melalui  kabid jalan dan jembatan dinas PUPR Rohil  H.Raja Yulastri Namun yang bersangkutan sedang tidak berada  dikantor karen Sedang berada dinas Luar  (****)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan