Pemerintah

MTQ ke-38 tingkat Provinsi Riau tahun 2019 Resmi ditutup Gubri H. Syamsuar

BANGKINANG (PRC) – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Riau tahun 2019, di Bangkinang, Kabupaten Kampar, Sabtu malam, 30 Noevmver 2019, resmi ditutup Gubernur Riau H Syamsuar.

Meskipun gagal memenuhi target sebagai terbaik I, kafilah Kabupaten Bengkalis mengukir sejarah baru. Keluar sebagai runner up, setelah tuan rumah Kampar sebagai juara umum.

Prestasi ini di Kampar ini meningkat dibandingkan pada event serupa pada tahun 2018 di Pekanbaru.

Pada MTQ ke-37 Provinsi Riau di Pekanbaru tahun lalu, kafilah Kabupaten Bengkalis hanya berada di posisi 4 setelah tuan rumah, Rokan Hilir dan Kabupaten Siak.

Atas keberhasilan kafilah Kabupaten Bengkalis pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Kampar yang berjumlah 55 orang tersebut, Bupati Amril Mukminin, baik atas nama pribadi, keluarga, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bengkalis mengucapkan tahniah atas keberhasilan itu.

“Selamat. Keberhasilan itu membuktikan bahwa putra-putri Kabupaten Bengkalis tidak kalah dan mampu bersaing dengan daerah lain. Sekali lagi tahniah,” ujar Bupati Amril Mukminin melalui sambungan telepon.

Selain itu, Bupati Amril Mukminin juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam mengantarkan kafilah Kabupaten Bengkalis menjadi juara umum ke-II pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Kabupaten Kampar.

Berkat Bupati Amril Mukminin

Keberhasilan kafilah Kabupaten Bengkalis pada MTQ ke-38 ini disebut-sebut banyak pihak tidak terlepas perhatian besar yang diberikan Bupati Amril Mukminin.

Khususnya dukungannya selaku pembina terhadap Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Bengkalis.

Namun ketika diminta komentarnya soal itu, Bupati Amril Mukminin enggan menanggapinya.

“Keberhasilan kafilah Kabupaten Bengkalis sebagai terbaik II pada MTQ ke-38 Provinsi Riau di Kampar ini adalah hasil kerja kolektif. Kami hanya mengarahkan. Memotivasi. Memberikan dukungan moril,” ujarnya merendah.

Sebagai runner up, jumlah poin yang kafilah Kabupaten Bengkalis 74. Sedangkan kafilah Kabupaten Kampar sebagai juara umum (terbaik I) dengan poin 91.

Sementara kafilah Kabupaten Rokan Hilir sebagai terbaik III dengan 47 poin.

Adapun terbaik IV diraih secara bersama oleh kafilah Kabupaten Pelalawan dan Siak, yang sama-sama meraih 41 poin.

Pada penutupan MTQ ke-38 Provinsi Riau di Bangkinang ini, Bupati Amril Mukminin hadir diwakili oleh Sekretaris Daerah Bengkalis yang juga Ketua Umum LPTQ Kabupaten Bengkalis H Bustami HY.

Selain itu, hadir juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra.

Serta, Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis yang juga Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Bengkalis H Hambali.
 

Selain itu, hadir juga Kepala Kantor Kemenag Bengkalis, H Jumari, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis, Hj Akna Juwita.

 

 

BANGKINANG - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Kampar, secara resmi ditutup Gubernur Riau, H Syamsuar, Sabtu malam, 30 November 2019.

Kafilah Kabupaten Bengkalis keluar sebagai terbaik II dikalahkan Kabupaten Kampar sebagai tuan rumah MTQ Riau tahun 2019 yang berhasil meraih gelar juara umum dari 12 kabupaten/kota se-Riau.

Total perolehan nilai Kafilah Kabupaten Bengkalis adalah sebesar 74 poin, sedangkan Kampar menduduki nilai puncak 91 poin. Diurutan ketiga Kabupaten Rokan Hilir 47 poin, keempat Kabupaten Pelelawan dan Siak yang memperoleh nilai sama 41.

Sedangkan Rokan Hulu di posisi kelima (39), Pekanbaru (35), Kepulauan Meranti (27), Indra Giri Hulu (20), Indra Giri Hilir (18), Kuantan Singingi (17) dan Dumai 5 poin.

"Alhamdulillah kita bersyukur sekali tahun ini kita meraih peringkat II. Tentunya ini sebuah prestasi dan peningkatan yang luar biasa. Terlebih tahun lalu kita hanya mampu di posisi keempat" ujar Sekretaris Daerah Bengkalis, H Bustami HY.

Ungkapan ini disampaikannya usai mengikuti malam penutupan MTQ yang diselenggarakan di Astaka Utama, Lapangan Merdeka, Bengkinang, kabupaten berjuluk Serambi Mekkah ini.

“Mewakili Bupati Bengkalis atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat, kita ucapkan selamat dan tahniah kepada para peserta terbaik kita yang telah berjuang untuk menjadi yang terbaik pada MTQ Provinsi Riau tahun 2019 ini,” ucapnya.

Turut terlihat hadir pada penutupan MTQ Riau ini, Asisten Perekonominan dan Pembangunan Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putra yang merupakan Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, Kakan Kemenag Bengkalis, H Jumari, Kabag Kesra H Hambali dan Ketua DWP Bengkalis, Hj Akna Juwita

Pundi-pundi poin yang berhasil peroleh Kafilah Kabupaten Bengkalis diantaranya Cabang Tilawah golongan Tartil putra (Surya Dharma) dan putri (Zatil Aghnia) yang keduanya meraih juara l dengan masing-masing 5 poin.

Kemudian, Cabang Tilawah golongan Tilawah Desawa putra (Azwan) terbaik I dengan 5 poin, golongan Qira’at Murattal Dewasa Putra (Sahlan) terbaik III perolehan 1 poin. Cabang Tahfiz golongan 1 juz dan tilawah putra (M Danil Syarizal) terbaik II dengan 3 poin.

Golongan 5 juz dan tilawah putra (Syahril Al Fiqri) terbaik II dan putri (Alfianti) terbaik I, total poin keduanya 8,  golongan 10 juz putra (M Dalimanul Hakim) terbaik III, 1 poin, golongan 30 juz putri (Annisa Azzahra) terbaik III, 1 poin.

Selanjutnya Cabang Tafsir golongan Bahasa Indonesia putra (Zulkifli) terbaik II, 5 poin, golongan Bahasa Inggris putra (Tengku Muhammad Owais Arief) terbaik II, 5 poin. Cabang Fahmil Quran putra (M. Fitra Jasrid Ramadhan, Beny Syafiq Najmudin dan Muhammad Hafis) dan putri (Anissa'adah, Susilawati Ningsih dan Deby Angrraini), keduanya meraih terbaik I dengan total 10 poin.

Cabang Khat golongan Naskah putra (Nanag Hidayatullah) dan putri (Fauzah Lurahmi) keduanya terbaik II, dengan total poin 6 poin, golongan Hiasan Mushaf putra  (Agung Sukoco) terbaik II dan putri (Nesa Aqila) terbaik I, keseluruhan poin 8.

Golongan Dekorasi putra (Ilham Fadli) dan putri (Rizda Dwi Larasati) terbaik II, dengan 6 poin. Dan terakhir Cabang Musabaqah Makalah Qur’an putra (Dandi Kurniawan) dan putri (Tunziah) memperoleh terbaik III dan II dengan total 4 poin.#DISKOMINFOTIK




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan