Daerah

2020 Sekolah Di Rohil Terima 32 M Dana DAK

Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan H.Wan Rusli Syarief ,S,Sos

PANTAURIAU.COM -Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pada tahun anggaran 2020 Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai Rp32 miliar. Angka itu dua kali lipat bila dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir H.M.Rusli Syarief.S Sos  menjelaskan, Sistem pembangunanya dilakukan dengan cara swakelolah dan sepenuhnya menjadi tangung jawab pihak sekolah. Dan kegiatan ini berdasarkan daftar isian dapodik yang tahun ini diajukan oleh masing-masing sekolah," tuturnya. 

Mengingat anggaran yang akan dikucurkan pemerintah pusat itu terbilang sanggat besar, Kadisdikbud Rohil ini menghimbau agar pihak sekolah mengisi dapodik sesuai usulan dan jangan asik mengejar predikat akreditasi. 

"Ada 31 sekolah yang tersebar dikabupaten Rokan Hilir yang akan menerima dana tersebut, terdiri dari Tingkay SD,  SMP, TK " ujar Kadis Pendidikan dan kebudayaan Jumat  (20/12/2019) di Bagansiapiapi

Berlanjut Setiap sekolah yang menerima dana tersebut berbeda-beda, sesuai dengan tingkat kerusukan dan kebutuhan dari kajian yang dilakukan Dinas pendidikan dan kebudayaan Rokan Hilir .  “sekolah yang mendapat DAK tersebut diusulkan pada tahun ini . Sasarannya diperuntukkan untuk ruang kelas baru, perpustakaan, toilet dan ,Taman area bermain , serta pengadaan alat permainan TK 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Rohil, H Rusli Sarif S Sos juga menjelaskan untuk sekolah TK mendapatkan bagian sebesar Rp1 milyar yang nantinya akan di bagikan untuk 6 sekolah.

"Di enam sekolah TK ini nantinya dana ini akan digunakan untuk rehap sekolah, membangun ruang kelas baru, membangun area bermain, toilet atau jamban serta untuk pembelian alat bermain bagi anak-anak TK," terangnya. Kemudian dilanjutkan Rusli Sarif, untuk sekolah SD pula mendapat dana sebesar Rp13 milyar dan akan dibagi untuk lebih kurang 49 sekolah.

Dan dana yang didapatkan sekolah SD dari dana DAK ini akan diperuntukan untuk perehapan sekolah, membangun ruang kelas baru, membangun pustaka, rumah dinas guru, rehap ruang guru dan pembangunan toilet. Sedangkan untuk SMP pula mendapatkan anggaran sebesar Rp17 milyar. Untuk aitem pembangunan lebih kurang sama dengan SD, sebut Rusli Sarif

"Tahun 2018 lalu untuk sekadar di ketahui hampir semua sekolah di Rohil mengisi dapodik dengan gambar centak seolah sekolah mereka dalam kondisi baik dan lengkap. Ini mereka lakukan untuk mendapatkan predikat akreditasi. Akibatnya apa, Rohil tahun itu kecil dapat dana DAK. Karena pihak kementrian mengira hal ini benar," kata Rusli Sarif.

Akan tetapi dirinya mengaku sudah memangil seluruh kepala sekolah dan meminta mereka mengubah isian dapodik itu. "Alhamdulilah tahun ini dan tahun 2020 kita di Rohil mendapatkan perhatian pusat cukup besar dan ini jelas sangat membantu pihak sekolah," tuturnya (syafry)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan