Daerah

Mewakili masyarakat Ucapakan Terima Kasih Kepada Bupati Rohil

Dokumentasi Rombongan PUTR saat dilokasi pekerjaan

Pantauriau.com - Bupati Rohil H. Suyatno meninjau langsung dimulainya pekerjaan pengaspalan jalan Pusara Hilir sampai simpang 200 di Kepenghuluan Paritaman Kecamatan  Bangko, dan Jalan Poros Pekaitan kecamatan Pekaitan kabupaten Rokan Hilir  Jumat  (03/04/2020), 

Diketahui kedua pekerjaan tersebut bersumber  DAK 2019 dan DAK 2020, sebagai pelaksana Dan pemenang tender adalah PT. KEMBAR CAHAYA RIAU, dengan nilai penawaran Rp. 10.956.427.390. serta Jalan Poros Kecamatan Pekaitan  PT. Hasama Sakti Nilai penawaran Rp.5 Miliar 

Kedatangan bupati Rohil yang terkesan mendadak, membuat warga setempat kaget dan spontan menyambut orang nomor satu di Rohil dengan antusias karena jarang sekali sekali orang seperti bupati dengan kepadatan jadwal menyempatkan diri meninjau langsung pengerjaan jalan tersebut ditambah dengan merebaknya virus Corona yang tengah melanda bangsa ini.

Kendati Mentri Keuangan telah menerbitkan surat kepada seluruh Kepala Daerah yang isinya menyoalkan tentang pengunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari dana APBN 2020. Namun, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp telah mampu meminta pengecualian kepada Mentri Keuangan agar pembangunan fisik dari DAK tetap bisa dilanjutkan. Salah satunya pembangunan jalan lintas di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko dan Jalan Poros Pekaitan, Kecamatan Pekaitan. 

Dalam surat dengan nomor S.247/MK.07/2020 yang terbit pada 27 Maret 2020 Mentri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menuliskan bahwa seluruh proses pengadaan barang dan jasa dari DAK fisik yang bersumber dari dana APBN 2020 di hentikan selain bidang Kesehatan dan Pendidikan. Khusus untuk dua pembangunan yang menelan anggaran cukup besar ini tetap dapat dilaksanakan hingga tuntas. 

Seperti pembangunan jalan lintas di Kepenghuluan Parit Aman yang sekarang ini tengah berlangsung dengan nilai anggaran Rp10.956.427.390 yang bersumber dari DAK tahun anggaran 2019. Kemudian pembangunan Jalan Poros Pekaitan yang sudah dimulai pembangunam pada tahun 2019 senilai Rp16 miliar dari DAK dan kembali dilanjutkan tahun 2020 ini. Ini membuktikan bahwa sanya orang nomor satu di Rokan Hilir ini telah mampu membujuk Mentri Keuangan untuk bisa memberikan pengecualian agar pembangunan fisik yang bersumber dari DAK tetap bisa dilanjutkan.

Menyikapi hal itu, beberapa tokoh masyarakat memberikan apresiasi kepada Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp. Salah satunya Tokoh Muda Kampung Merah Putih Kepenghuluan Parit Aman, Wawan Safei Jumaat (3/4/2020). Dirinya mengucapkan ribuan terimakasih atas dilaksanakannya pembangunan jalan lintas tersebut sesuai dengan janji Bupati sebelumnya akan mengaspal jalan di Kepenghuluan Parit Aman tersebut.

"Saya mewakili masyarakat Kampung Parit Aman mengucapkan ribuan terimakasih atas dilaksanakannya janji Bupati untuk pengaspalan jalan di daerah ini, sebab jalan ini sudah puluhan tahun tidak terperhatikan," kata Wawan. Hal senada juga di sampaikan Penghulu Parit Aman, Supratno. Dimana dirinya selaku kepada wilayah di daerah ini menjelaskan bahwa masyarakat sudah sangat lama mendambakan pembangunan jalan tersebut. "Saya sangat berterima kasih kepada bapak bupati. Dengan di banggunya jalan ini terjawab lah sudah apa yang di harapkan masyarakat selama ini yang memang sangat-sangat berharap dibangun," kata Supratno.

Sementara itu, untuk jalan poros Pekaitan yang saat ini sedang berlangsung pembangunanya merupakan salah satu akses dari Kecamatan Bangko Pusako atau dari Kecamatan Kubu menuju Kota Bagansiapiapi Kecamatan Bangko melalui Jembatan Pedamaran I dan II. 

"Jalan ini adalah urat nadi masyarakat Pekaitan menuju beberapa daerah seperti Kecamatan Bangko Pusako, Kubu, Bangko dan juga Pasir Limau Kapas. Jadi kami selaku masyarakat sangat-sangat senang dan bahagia sekali di bangkunya jalan ini," kata salah satu tokoh pemuda Pekaitan, Hafis. Dampak dari dibangunnya jalan ini kedepan di yakini ekonomi masyarakat khususnya petani akan mampu terangkat. 

Seperti petani sawit, palawija, padi serta lainya. Tak hanya itu saja, ekonomi masyarakat dibidang lainya juga diyakini akan mampu terangkat. "Makanya kami selaku tokoh pemuda maupun perwakilan tokoh masyarakat Pekaitan sangat-sangat mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak bupati atas pembangunan jalan ini," sebut Hafis. 

Sementara itu PPTK kedua pekerjaan tersebut dinas PUTR Rohil RORY MARDIAN ,ST Mengatakan bahwa sebagai PPTK dirinya sering memantau kedua pekerjaan tersebut agar Kontaraktor benar benar Bekerja sesuai Dengan yang Speksikasi serta aturan Yang tertuang dalam kontrak ,Tuntasnya (syafry)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan