Daerah

Pekerja PT IBP Tewas Lagi, Perusahaan Harus Diberi Sanksi Tegas

Dumai (PRC)-Seakan tiada hentinya kecelakaan kerja terjadi di Wilayah Kota Dumai ini, tentu ada yang patut di analisa dimana titik persoalannya. Karenanya ini semua harus menjadi perhatian semua pihak, terutama Disnakertrans selaku lntitusi yang berkompeten di bidang ketenagakerjaan. Sebagaimana dikutip dari laman media online Sorotlensa.com, 1 (satu) orang pekerja PT Inti Benua Perkasatama (IBP) tewas diduga terkena sengatan listrik. 

Masih menurut berita dilaman tersebut, peristiwa naas itu terjadi di area PT IBP Lubuk Gaung, namun sampai berita ini rilis belum diketahui kapan kronologi terjadinya kecelakaan tersebut. Pihak perusahaan ketika dikonfirmasi terkait kecelakaan kerja tersebut melalui pangilan dan pesan singkat WhatsApp, Selasa pagi (02/06/2020) Sormin selaku Humas IBP tidak menjawab, celakanya nomor salah satu awak media diblok. 

Tim Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Teti Susanti ketika dikonfirmasi melalui panggilan telepon dihari yang sama membenarkan kejadian tersebut "Memang benar, terjadi kecelakaan kerja di areal kerja PT IBP dan terjadi beberapa hari sebelum lebaran dan laporan sudah diterima, serta telah turun ke lokasi, namun untuk informasi akurat hasil penyelidikan tidak bisa di beberkan ke awak media dengan alasan bukan wewenangnya dan yang berhak adalah pimpinan". ungkapnya. 

Selanjutnya ketika awak media mempertanyakan apa tindakan tegas kepada PT IBP karena dalam kurun waktu tahun ini saja sudah 2 (dua) nyawa melayang akibat kecelakaan kerja, Teti Susanti selaku pengawas mengatakan "Kita hanya memberikan surat peringatan, terkait kecelakaan kerja sebelumnya tidak bisa dijadikan konpilasi karena terjadi pada lokasi yang berbeda". ujarnya beralasan. 

Terkait kecelakaan kerja di Wilayah Hukum Polsek Sungai Sembilan, awak media menghubungi Kapolsek Sei-sembilan Iptu untuk kompirmasi perihal Laka Kerja di PT IBP tanggapan dan tindakan yang harus dilakukan sesuai prosedural hukum berlaku. Mengatakan kepada awak media " maaf saya belum bisa menjawab karena masih bersama warga. ' ujarnya. 

Apakah pekerja korban kecelakaan kerja dengan inisial (PN) telah terdata di Disnakertrans Kota Dumai, dan telah diikut sertakan pada program BPJS ketenagakerjaan, sampai sekarang awak media belum mendapat informasi akurat. Namun untuk pastinya awak media akan meminta keterangan dari pihak Disnakertrans dan pihak BPJS dalam waktu dekat.****(RPC /PRC)

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan