Daerah

Dandim 0321/Rohil tinjau UMKM KAMAL hidroponik Bagansiapiapi

Dokumentasi photo saat Dandim 0321/Rohil meninjau UMKM kamal

Pantauriau.com  - Komandan Kodim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rahman Wahyudin meninjau kebun ketahanan pangan hidroponik yang berada di jalan imigrasi bagan siapiapi. Minggu (20/09/2020).

Tak jauh dari kantor KUA Bagan siapi-api tepatnya dijalan Imigrasi Seorang warga yang bernama Kamal UMKM memanfaatkan perkarangan rumahnya dengan bertani secara hidroponik dengan mengunakan pipa paralon sebagai media tanam .

Dandim  Letkol Arh Agung Rahman Wahyudin SIP.Mpol  melihat secara langsung tanaman Hidroponik yang ditanam oleh bapak kamal sebagai  pemilik UMKM hydroponik, yang ditanam dilahan seluas lebih kurang 4 x 5 meter dengan mengunakan media Pipa paralon yang diletakan dilahan depan teras rumahnya adapun tanaman hidroponik yang ditanam Kamal  diantaranya, sawi dan kangkung. 

Dandim 0321/rohil  memberikan apresiasi kepada  bapak kamal karena sudah mengembangkan tanaman hydroponik, dengan mengunakan media paralon dilahan yang sempit , hal ini tentu dapat mendukung ketahanan pangan yaitu budidaya tanaman hidroponik yang bisa digunakan sebagai alternatif, karena tanaman dengan pola hidroponik dapat ditempatkan dimana saja.

Direncanakan Kodim akan membuat dan membudidayakan tanaman hydroponik di makodim dan di pos koramil Panipahan dalam rangka ketahanan pangan dimasa pandemi ini, 

Sementara itu Kamal pemilik kebun hidroponik saat dikonfirmasi mengatakan ' bertani secara hidroponik sudah dia lakukan sekitar 3 tahun yang lalu awalnya hanya sekedar iseng saja , ungkap dengan nada senyum , saat itu  melihat tetangga  yang juga berkebun sawi terpikir oleh nya untuk membuat bertani dengan cara hidroponik dengan mengunakan media paralon ,dan allhamdulillah ternyata jadi ketagihan dan bisa juga menambah ekonomi ,tuturnya

Bertani degan cara hidroponik sangatlah gampang dan tidak perlu kita harus bolak balikan tanah dan tidak perlu juga lahan yang luas ,cukup didepan rumah kita sudah bisa menjadi petani hidroponic , kisah Kamal 

Berlanjut dirinya juga menghimbau bagi masyarakat agar mencoba bertani dengan hidroponik dengan mengunakan lahan perkarangan rumah utk ketahanan pangan lestari. tandasnya (Syafri )




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan