Kesadaran warga Tionghoa antisipasi kecelakaan

Warga Tionghoa Tepekong Mabuk, Cor Jalan Berlubang

BAGANSIAPIAPI (PRC) -  Sepuluh (10) orang warga Tionghoa yang tergabung dalam kelompok masyarakat Tepekong Mabuk jalan Perniagaan menutupi jalan berlobang dengan coran semen (paching) di titik-titik jalan Perniagaan sampai jalan Perdagangan Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Selasa (9/2/2021).

Lobang-lobang jalan yang sering kali  memicu kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) kerab luput dari perhatian pemerintah setempat. Bahkan di jalan-jalan yang berada di Bagansiapiapi Ibu Kota kabupaten Rokan Hilir. Kata luput yang dipilih disini menjadi pantas jika dinilai dari lamanya masa jalan berlobang tersebut tanpa ada sentuhan perbaikan.

Sejatinya kota yang sedang dipercantik dengan kelap kelip lampu jalan, parit indah yang memiliki gapura serta hutan kota yang dijadikan sarana rekreasi dan hiburan. Kontradiktif dengan adanya lobang-lobang yang tampak buruk dan berdampak pada bahaya.

Kendatipun begitu, tidak jadi persoalan bagi warga Tionghoa yang tergabung dalam Tepekong/Kelenteng Mabuk dan tinggal di jalan Perniagaan. Oco Tono bersama 2 warga Tionghoa lainnya berujar.

"Ini jalan kita, kota kita. Kalau dia buruk mana ada orang mau datang. Bagansiapiapi harus cantik biar ramai lagi. Apalagi lobang ini bisa membuat kecelakaan." Ujar Oco Tono dan di iyakan oleh warga lainnya.

Selanjutnya Apek Hasan pemilik Mini Market Sania yang ketua dalam kegiatan ini mengungkapkan.

"Berawal dari ide Oco Tono saat kami kumpul malam kemaren. Jadi hari ini langsung kami buat. Selain takut ada kecelakaan. Sebentar lagi kan Imlek, jadi banyak orang yang jalan-jalan disini. Kita ingin orang-orang bisa amanlah. Biayanya ya kami Tek Tek an lah sebanyak sepuluh orang. Biaya tak perlu lah. Tak banyak lah. Tapi asiknya kumpul uang sama-sama kami kerjakan sama-sama. Dari titik jalan perniagaan sampai titik jalan perdagangan depan praktek bidan Fatmawati. Ungkap Apek Hasan. (AlieSN)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan