Dikusi Publik "Menyongsong Rohil Maju dengan Good Governance"

DISKUSI PUBLIK PDPM, MALIKI : APBD ROHIL HARUS BISA DIAKSES MASYARAKAT

Diskusi Publik Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Rohil di jalan SGB Gedung SMA Muhammadiyah Bagansiapiapi Rokan Hilir Riau

PantauRiau.com- PDPM Rohil sukses selenggarakan Diskusi Publik dengan Tema "Menyongsong Rokan Hilir Maju Dengan Good Governance" di gedung Sekolah SMA Muhammadiyah jalan SGB Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir. Senin (15/3/2021).

Acara disambut baik oleh Pemda Rohil melalui Hermanto Uban, S.Sos Plt. Kadis Kominfotiks Kabupaten Rokan Hilir yang juga menjadi Narasumber dalam acara ini.
"Diskusi publik ini kegiatan yang luar biasa lahir dari pemuda Rokan Hilir. PDPM yang di nakhodai Muhammad Maliki saat ini terlihat jelas wujud dari partisipasi pemuda menginginkan Good Governance. Selaras dengan indikator Good Governance. Dimana partisipasi masyarakat adalah hal penting. Mulai dari perencanaan kegiatan pemerintah hingga pada pelaksanaan." Jelasnya.

Selanjutnya Narasumber kedua DR. Muhammad Nurul Huda yang mewakili unsur akademisi menyampaikan.

"Good governance harus memenuhi unsur transparansi informasi. Contohnya APBD bisa diakses selama 24 jam oleh publik. Jangan disembunyikan. APBD bisa diakses tujuannya agar masyarakat tahu tentang kegiatan yang akan dilaksanakan Pemda. Hal ini merupakan bentuk dari keterlibatan masyarakat untuk mendapatkan kegiatan yang berkualitas." Ulasnya.

Sedangkan Narasumber ketiga Saho Riau yang mewakili unsur Seniman mengutarakan pandangannya terhadap Good Governance di Rohil.

"Seniman selalu berada pada posisi kiri, jarang meletakkan pada posisi pemerintah. Bagi seniman good governance ini hanya menjadi dorongan masyarakat bukan lahir dari pemerintah itu sendiri. Konsep ini mustinya menciptakan pemerintahan yang bersih, namun jauh dari harapan, tidak sesuai dengan semangat reformasi. Bahkan, konsep ini selalu bertolak belakang dengan fakta yang disampaikan pemerintah." Ujarnya.

Sementara itu dr. Muhammad Maliki selaku ketua PDPM yang sangat atensi dengan terciptanya Good Governance di Pemda Rohil. 


"Partisipasi masyarakat berkumpul dan memberikan pendapat. Kami selaku penaja acara tidak dalam rangka mencari kesalahan, tapi demi partisipasi pemuda. Seyogiyanya kami pemuda Rohil sangat menginginkan pemerintahan yang baik, bersih transparansi, akuntabel dan efektif. Saya menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pemda. Tentunya punya syarat, Pemda harus transparan memberikan Informasi. APBD harus bisa diakses." Tegasnya.

Acara berjalan selama 3 jam ini dapat apresiasi dari Kapolsek Bangko melalui kehadiran Hendra Y Kanit Bimas yang mendukung dan meminta acara ini berkelanjutan.

Muhammad Syah Padri Direktur BUMD, hasil diskusi ini. "semoga bukan hanya sekedar teori tapi diterapkan. Kaum millenial harus memberikan ide-ide agar cita-cita bersama tercapai. PDPM jadi contoh nyata, harus kita apresiasi. 

Jaka Abdillah wartawan senior, perwakilan Bawaslu Rohil yang antusias jauh hari sebelum acara ini dilaksanakan.

"Acara Ini merupakan kegiatan bernas. PDPM Rohil ikut mencerdaskan bangsa. Semoga dengan diskusi perdana ini bisa diikuti oleh organisasi lainnya.
Jika melihat kondisi Rohil dibandingkan daerah lain. Masih berjalan ditempat, kita punya potensi dan SDM yang banyak, hanya saja belum di gali dengan maksimal oleh Pemda. Kita tak boleh terlena dengan kondisi ada saat ini." Pintanya.

Terakhir, acara yang diikuti oleh IKM UIN, GP Ansor, PMII dan pemuda-pemuda lainnya yang ikut via zoom ditegaskan dr. Muhammad Maliki.

"PDPM sedang giat melakukan konsolidasi ke 18 perwakilan kecamatan. Kami sepakat Rohil harus bisa setara dengan daerah lain. Maka, diskusi publik ini akan berkelanjutan dengan topik berbeda. Kami siap menyongsong Rohil yang lebih baik." Pungkasnya. (AlieSN).


 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan