Juliandra, dalam penertiban ditemukan banyak yang belum mengantongi IMB

ASPRI MULYA; WARGA WAJIB KANTONGI IMB SEBELUM BANGUN RUKO

PantauRiau.com- Ruko-ruko di Bagansiapiapi Kabupaten Rohil banyak belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) saat melakukan pembangunan baru atau mengubah bangunan lama. 

Pernyataan ini di ungkapkan Kasatpol PP Rohil melalui Kabid Penegakan Perda dan UU daerah; Juliandra, SH saat melakukan penertiban bersama Aspri Mulya, S.STP ,. M.Si Lurah Bagan Kota.

"Umumnya temuan kami saat inspeksi dilapangan; bangunan baru maupun perubahan konstruksi belum terkait dengan IMB." Ungkapnya. Kamis (8/4/2021).

Sebagai informasi Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah sebuah produk hukum yang berisi perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, merawat atau merobohkan bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. 

Kewajiban setiap orang atau badan yang akan menyiapkan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009.

Manfaatnya; IMB akan melegalkan suatu bangunan yang direncanakan sesuai dengan Tata Ruang yang telah ditentukan.

Selain itu, adanya IMB menunjukkan bahwa rencana konstruksi bangunan tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan dengan maksud untuk kepentingan bersama.

Lantas bagaimana jika pendirian bangunan tidak / tanpa kajian tata ruang dan rencana konstruksi dari situasi yang dilaporkan. Terkait hal ini, Aspri Mulya, S.STP, .M.Si selaku Lurah Bagan Kota kecamatan Bangko Kabupaten Rohil memberi tanggapan. 

"Idealnya, IMB harus di kantongi warga sebelum ingin membangun baru atau mengubah konstruksi. Izin harus melalui pihak-pihak yang terlibat, sehingga tidak merugikan kepentingan umum. Seperti menutup drainase. Dampak dari penyumbatan sampah tentunya bisa berakibat banjir." Bebernya.

Foto : Juliandra Kabid Satpol PP Rohil dan Lurah Bahan Kota kec. Bangko memberi arahan kepada pemilik Ruko untuk memuat pintu kontrol drainase.

 

Kemudian Juliandra, SH juga menambahkan.
"Kesulitan di lapangan ketika menghadapi warga yang kurang tanggap. Tidak banyak yang mengerti dengan IMB. Begitu udah berkali-kali kami datangi. Memberikan pencerahan dan bahkan kami membantu proses pengurusannya." Ujarnya.

Sejatinya, aturan di buat untuk sesama sesama. Satpol PP selaku Penegak aturan dan Lurah sebagai pengayom masyarakat sangat menginginkan kota Bagansiapiapi rapi, nyaman, aman dan tertib.

"Saya selaku Lurah Bagan Kota mengapresiasi kerja Satpol PP yang selama ini konsisten melakukan penertiban. Dan menghimbau warga untuk taat aturan serta tidak mempersulit petugas dilapangan. Jika memang tidak mengerti datanglah kekantor. Selama ini kita selalu beri pelayanan dan siap membantu." Tutup Aspri Mulya. (Alie Sukri Nizar).
 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan