Opini Publik

SECERCAH HARAPAN KEPADA BUPATI DAN WABUP ROHIL Periode 2021-2024

VICKY KETUM KNPI Bangko PUSAKO

‘’SECERCAH HARAPAN KEPADA BUPATI DAN WABUP ROHIL Periode 2021-2024"

Bangko Pusako- Hari Selasa tanggal 08 Juni 2021 Tepatnya di Pekanbaru di adakan Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Rohil Terpilih oleh Bapak Syamsuar Selaku Gubernur Provinsi Riau yang Bertempat di Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru.

Selaku ketua KNPI Bangko Pusako saya Mengucapkan Tahniah Kepada Bupati dan Wakil Bupati Rohil Terpilih Bapak Afrizal Sintong & H Sulaiman. 

Sejatinya, kami dalam naungan organisasi plat merah secara praktis pada posisi mendukung Pemerintahan Rohil ke depan.

Tak lupa saya mengajak khususnya pemuda/I Rohil, OKP-OKP dan Oranisasi-organisasi Pemuda lainnya agar memberikan konstribusi-konstribusi baik pemikiran maupun tenaga hingga materil. Hal ini untuk kepentingan daerah tercinta Kabupaten Rokan Hilir.

Saya yakin dan optimis menatap Rohil kedepan dibawah kepemimpinan Bapak tergambar kemudahan. Untuk Alur Proses Tata Kelola Birokrasi Pemerintahan barangkali menjadi makanan sehari-hari bapak Wabup HM sulaiman notabenenya seorang birokrat di Bapenda Rokan Hilir.

Sedangkan Pada Sektor Migas yang pada hari ini masih dominan sebagai Sektor Kuat Penunjang Penerimaan Daerah Rohil berupa DBH (Dana Bagi Hasil) Migas bisa diserahkan kepada Bapak Bupati Rohil Bapak Afrizal Sintong. Karena memang berbekalkan pengalaman-pengalaman beliau sebelumnya ketika ia pernah berkecimpung pada sector Migas.

Dari latar belakang bapak-bapak saya ambil kesimpulan Rohil akan jauh lebih maju. Dua latar belakang yang berbeda dan saling melengkapi.

Selain itu Bupati Rohil juga Seorang politisi dan pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Rohil periode 2014-2019 Pastinya berpengalaman mewujudkan kerjasama yang baik antar lembaga.

Terkhususnya kepada Bupati Rohil Terpilih bapak Afrizal sintong agar lebih memperhatikan sector Migas. Karena jika hal ini betul-betul di kelola dengan baik, maka APBD Rohil kedepan tidak mengalami Penurunan yang berdampak kepada Defisitnya Anggaran sehingga berujung kepada Minimnya pembangunan di Rohil Ke depan.

Adapun 3 aspek penting yang harus di perhatikan.

Pertama Rohil memperoleh PI  (Partisipating Interest) 10% dari Pengelolaan Blok Rokan dimulai sejak  tanggal 09 Agustus 2021. Hal ini harus terlaksana dengan baik demi peningkatan Penerimaan pendapatan Rohil.

Sisi yang kedua yakni pemanfaatan dari Dana CSR (Corporate Social Responsibility) dan Rohil ke depan harus memiliki PERDA tentang CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Lingkungan). Sebagaimana Provinsi Riau Sudah ditetapkan yakni (PERDA No 6 Tahun 2012 Tentang TJSL).

Ketiga, Peralihan dari CPI ke Pertamina 9 Agustus mendatang agar menjadi perhatian yang amat serius terhadap tenaga kerja lokal. Sejalan dengan Perda Rohil No 8 tahun 2014 yakni 60% Naker Lokal dan 40% Naker Luar Daerah yang memiliki soft skill. Jika tenaga kerja local tidak diberdayakan dikhawatirkan terjadi gejolak pada saat hand over Agustus Mendatang.

Inventarisir pegawai CPI usia mendekati purna tugas. Hendaknya segera di pensiun. Rohil harus mampu memfasilitasi pemuda asli Rohil bekerja di Pertamina sebagai pengelola blok Rokan nantinya. Jangan lagi seperti saat ini, anak jati Rohil bisa di hitung jari yang bekerja di CPI.

Selanjutnya agar PAD (Pendapatan Asli Daerah) Rohil ke depan dapat lebih di tingkatkan pada Pengelolaan Pajak serta Retribusi jika dijalankan dengan sungguh-sungguh serta adanya sanksi bagi yang melanggarnya. Maka tidak lah mustahil ke depan Rohil akan keluar dari defisit Anggaran. Hal ini butuh Kerjasama semua lintas OPD-OPD yang terkait.

Terakhir terimakasih banyak kepada Bapak Bupati H Suyatno dan Bapak Wakil Bupati Drs H Jamiluddin atas pengabdian nya yang selama ini serta telah menyumbangkan banyak pemikiran serta tenaganya bagi pembangunan Rohil. Semoga kebaikan-kebaikan bapak berdua selama ini di balas oleh allah swt di akhirat kelak.

Doa kami semoga bapak berdua dan Keluarga sehat wal’afiat selalu serta tetap memberikan Sumbangsih bagi kemajuan Rohil di masa yang akan datang.
 
 
 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan