Opini Publik

Selamat Datang Pemimpin Muda Rokan Hilir

"Selamat Datang Pemimpin Muda Rokan Hilir"

Muhammad Fadhli
Sekretaris Umum Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC.PMII) Rokan Hilir

 

Prosesi Pelantikan Afrizal Sintong - H. Sulaiman, SS, MH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir 2021-2024 baru saja dilalui. Artinya, peralihan estafet kepemimpinan secara sah telah berganti. Hal itu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 131.14-281. Mari kita berikan tahiah dan selamat serta dukungan kepada kedua pemimpin muda ini. 

Dalam konteks ini, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menyadari bahwa Pilkada telah usai. Tidak boleh lagi ada warna-warni yang berpotensi membuka ruang perbedaan. Sebagai masyarakat yg baik, kita juga harus siap berkolaborasi dengan pemimpin yang baru. Sebab, pembangunan suatu dareah bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang pemimpin saja, namun justru merupakan tanggung jawab bersama yang harus diiringi dengan sinergitas yg kuat. 

Baru baru ini, Afrizal-Sulaiman berkunjung diwilayah pesisir Kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Panipahan. Kunjungan itu dilaksanakan dalam rangka menggelar syukuran bersama masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas. Afrizal - Sulaiman membicarakan strategi dan solusi membenahi Rokan Hilir. Terutama dibidang infrastruktur, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat.  

Sebagian strategi yang ia paparkan diantaranya adalah; pertama, akan menata kembali Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dengan merampingkan OPD yang dinilai memiliki fungsi yg sama. Tujuanya adalah sebagai langkah inisiatif untuk penghematan anggaran, sehingga anggaran tersebut bisa dialihkan pada program yang lebih prioritas, seperti pembangunan infrastruktur misalnya, atau pembinaan UMKM, dan lain sebagainya. 

Kedua, Menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dengan mengandalkan sumber daya alam dari berbagai sektor. Seperti Perikanan, Pertanian, Retribusi, Pajak dan sektor potensial lainnya. Dimulai dengan menempatkan pejabat struktural seperti Kepala Dinas, Kepala Bidang sesuai kualifikasinya di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. 

Merupakan suatu langkah konkrit bagi seorang pemimpin mampu memahami kondisi daerahnya. Dan model kepemimpinan seperti ini tentunya sangat diperlukan, berupaya mengatasi persoalan daerah sampai ke akar-akarnya. Tidak hanya itu, Afrizal-Sulaiman juga akan menghidupkan kembali ladang minyak mati yg berada dikawasan Kabupaten Rokan Hilir. Sebagai mantan Sub Contractor  Chevron, kita yakin betul beliau mampu meningkatkan APBD Rokan Hilir melalui sektor yang sangat potensial itu. 

Saya kira ini adalah ide dan gagasan yang patut diacungi jempol, sehingga sangat perlu untuk direalisasikan. kita berharap, kepemimpinan yang memahami persoalan daerah, menjadi gaya kepemimpinan Afrizal-Sulaiman dalam satu periode kedepan. Termasuk upaya dalam mengatasi persoalan tersebut. 

Bupati terpilih Afrizal Sintong berusia 43 tahun. Berlatar belakang sebagai seorang Pengusaha dan Politisi, pengalamannya memimpin sudah tertanam ketika menjadi kepala desa di Kepenghuluan Sintong Pusaka sejak sepuluh tahun terakhir. Kemudian, ia juga pernah menduduki kursi legislatif Kabupaten Rokan Hilir periode 2014-2019. Bersama teman-teman di DPRD, sosok Afrizal dikenal kritis dan peduli dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat. 

Afrizal didampingi H. Sulaiman, SS, MH. Birokrat muda yg berlatar belakang santri, sosok pemimpin muda yg cerdas, religius, berpengalaman, kharismatik, serta mengagungkan persatuan dan keutuhan bangsa. Sebelum terpilih sebagai Wakil Bupati, H. Sulaiman merupakan ASN di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir. 

Hal ini menunjukkan bahwa keduanya merupakan kolaborasi dan perpaduan kepemimpinan yang tepat. Politisi dan Birokrat, Pengusaha dan Santri, berpengalaman serta memiliki semangat kedaerahan yg kuat. Sehingga diharapkan mampu membawa Rokan Hilir kearah yang lebih baik. 

Namun, meskipun secara kapasitas dan kapabilitas keduanya dianggap mampu, masyarakat juga perlu berperan dalam mengawal jalannya roda pemerintahan yang baru ini. 

Kedepan, masih banyak PR besar bagi Afrizal-Sulaiman, yang paling utama adalah soal infrastruktur yang masih belum merata, terutama diwilayah pesisir Rokan Hilir, seperti panipahan, Kubu, Kubu Babussalam. Belum lagi soal pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid 19. Ini juga merupakan salah satu tantangan besar berikutnya. 

Afrizal - Sulaiman yg mengusung taglin "Dekat Dengan Masyarakat" Pada saat kampanye, memiliki tekad kuat membangun Kabupaten Rokan Hilir yang berkadilan, maju dan sejahtera. Menuju Rokan Hilir yang lebih baik butuh upaya dan kerja keras dari semua pihak, termasuk juga masyarakat. 

Oleh karena itu, mari bersama kita kawal dan pastikan kepemimpinan Afrizal-Sulaiman tetap pada komitmen utamanya, semoga Rokan Hilir semakin jaya dibawah kepemimpinan muda pilihan Rakyat Rokan Hilir ini. 

_Selamat Bekerja Afrizal-Sulaiman, Selamat Datang Pemimpin Baru Rokan Hilir_




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan