Hukrim

Pembalakan Liar Kembali Marak Di Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai

PANTAU DUMAI - Praktek pembalakan liar atau penebangan liar kembali Marak di kawasan Bulu Hala dan Senepis, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai. Kabar terkini di dapat awak media ada sekitar 11 orang pelaku penebangan liar (ilegal logging) yang bebas beraksi tanpa tersentuh aparat penegak hukum. Antaranya adalah SUT, AN, PO, SI, SUH, AR, HE, AG.

Agar kegiatan perbalakan liar mereka atau disebut juga dengan ilegal logging berjalan aman di tunjuk seseorang berinisial R untuk mengurus dan berkoordinasi dengan pihak tertentu. Oleh R setiap pelaku ilegal logging tadi dikenakan biaya Rp.100.000/Ton. Nantinya oleh R uang tersebut dibagi-bagikan kepihak yang meminta uang agar kegiatan haram tersebut berjalan aman.

Informasi didapat awak media dari sumber terpercaya setiap malam ada sekitar 200 Ton kayu hasil pembalakan liar diangkut dari kawasan Hutan di Bulu Hala dan Senepis di Kecamatan Sungai Sembilan. Kayu-kayu tersebut dimuat kedalam Gerobak besar dan ditarik menggunakan Mobil Daihatsu Taft atau Rocky menuju gudang-gudang penyimpanan.

Mengherankan awak media adalah praktek perbalakan liar yang begitu marak sepertinya aman-aman saja dan tidak tersentuh hukum. Padahal jerat Pidananya jelas, yaitu Pasal 18 Peraturan Pemerintah (PP) No. 28 tahun 1985 tentang Perlindungan Kehutanan dan Pasal 78 Undang-Undang No. 41 tahun 1999 tentang Kehutanan.

Salah seorang Tim Media mencoba menghubungi Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) AKP Rinaldi Situmeang, SH melalui pesan WhatsAap Sabtu malam (17/07/2021) terkait maraknya kembali praktek ilegal logging di Wilayah Hukum Polsek Sungai Sembilan. Serta  mempertanyakan sosok R selaku pengurus Ilegal logging, tidak lupa Tim Media kirimkan juga gambar kayu yang di rakit di Hutan dan ditarik dengan Gerobak didarat, namun hingga berita ini terbit Kapolsek Sungai Sembilan belum membalas pesan WhatsAap salah seorang Tim Media.***(Tim Media)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan