Pemerintah

Panglima TNI Cek Kemampuan Petugas Tracer Aplikasi Silacak

PANTAU BALIKPAPAN - Puspen TNI Pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir hampir diseluruh belahan Dunia. Segala upaya dilakukan untuk meminimalisasi dampak dan penyebaran Virus Covid-19 tersebut.

 

Pagi ini, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., melakukan peninjauan Serbuan Vaksinasi, Penyerahan Bansos dan pengecekan aplikasi Silacak dan Inarisk, bertempat di Gedung BSCC Dome, Balikpapan, Jumat (06/08/2021).

 

Kegiatan diawali dengan meninjau Vaksinasi, Target Vaksinasi pada hari ini 3.600 orang yang terdiri dari masyarakat umum, pelayan publik, komunitas usaha, tokoh agama, tokoh adat, disabilitas dan tokoh pemuda dengan jumlah vaksinator 150 orang yang terdiri dari vaksinator TNI 50 orang, vaksinator Polri 50 orang dan vaksinator Dinkes 50 orang.

 

Selanjutnya, Panglima TNI bersama Kapolri melanjutkan kegiatan dengan mengecek kemampuan Prajurit yang bertugas menggunakan Aplikasi Silacak. 

 

Menurut Panglima TNI, Aplikasi Silacak dan Inarisk ini memudahkan pelacakan yang dilakukan Bidan Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang bertugas sebagai tracer. “Aplikasi ini memudahkan pelacakan yang dulunya tercatat secara manual. Karena daerah penyebaran Covid-19 sangat luas, maka pelacakan menggunakan pendekatan kepada kontak erat pertama," ungkapnya. 

 

Panglima TNI menjelaskan, bila kontak terdekat pertama diidentifikasi, hasilnya akan dilaporkan melalui sistem aplikasi Silacak dan langsung terhubung ke pusat, Sehingga data tracing dapat langsung dipantau. Tracing tidak hanya menemukan kontak erat tapi juga memantau isolasi mandiri kontak erat.

 

"Jika ada kasus terkonfirmasi, segera lakukan tracing. Terutama mereka yang kontak erat, lalu laksanakan sesuai prosedur sesuai dengan kondisinya," ucap Panglima TNI.

 

Perintah Panglima TNI langsung disambut dengan "SIAP" oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

 

Dalam kegiatan ini juga Panglima TNI dan Kapolri menyerahkan secara simbolis paket Bansos yang total berjumlah 1.120 paket yang akan diantar oleh Babinsa, Babinpotmar, Babinpotdirga dan Bhabinkamtibmas kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

 

Autentikasi :

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Drs. Edys Riyanto, M.Si.

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan