Daerah

Lima Pramuka Tangguh Pakning Berkayuh Ke Bengkalis

PANTAU BENGKALIS- Lima orang anggota Pramuka Gugus Depan (Gudep) 04.001-04.002 Pangkalan PT Pertamina (Persero) RU II Production Sungai Pakning berkayuh menggunakan lima kayak dari Pelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu ke Lapangan Pasir, Bengkalis.

Lima Pramuka yang merupakan akronim dari Praja Muda Karana dari bahasa Sansekerta yang berarti orang-orang muda yang gemar berkarya ini adalah Kak M Ali Puteh (Pembina), Agung Muhajir, Milhan Ariyanto, Alif Abdur Rahman dan satu-satunya perempuan, Widya Hairani serta Saprizal yang merupakan peserta ekspedisi cadangan. 

"Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dengan semboyan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, jadi kami di sini mengekspresikan bahwa kami perempuan tangguh," kata Widya tamatan SMAN 1 Bukit Batu pada tahun ini kepada pantau Riaucom, Sabtu (11/9/2021) siang tadi.

Widya yang atlet Volli, anak pasangan Nik Irwan Effendi (almarhum) dan Saunah Permani bercita-cita melanjutkan hobinya di cabor olahraga temuan William George Morgan di kampus yang belum ia tentukan.

"Terima kasih kepada orang tua yang sudah mendukung, terima kasih juga kepada teman-teman seperjuangan yang tangguh, berkayuh sejauh ini," ucapnya terputus sebab sesuatu alasan pribadi atas perjalanan berkayuh yang telah dilaluinya.

Agung Muhajir, Pembantu Pembina di Gudep Pertamina tadi memperkirakan perjalanan mereka berlangsung selama 5 sampai 6 jam, tapi dengan cuaca yang mendukung hanya ditempuh kurang empat jam, mulai pukul 06.30 WIB dan tiba di Lapangan Pasir peninggalan masa Bupati Syamsurizal sekitar pukul 10.15 WIB.

"Kekuatan kami hanya Allah SWT. Pengalaman beberapa kali latihan turun ke laut itu bisa dikatakan sistem paksa misalnya melawan arus, melawan angin yang latihannya cukup berat supaya nanti tubuh kita benar-benar siap untuk terjun ke lapangan langsung," kata Agung Muhajir seraya menambahkan anggota Pramuka peserta didik selama ini biasa berkayak di danau, di sungai melalui didikan dan latihan serta simulasi berdayung, jatuh di laut, turun naik di kayak di boat.

"Kedepannye, Insya Allah kalau diizinkan kita akan jadikan even tahunan dengan mengajak rekan-rekan Pramuka dari DKC Kwarcab Bengkalis, DKD Kwarda Riau, Alhamdulillah kalau DKN Jakarta mau ikut serta akan lebih besar lagi gaungnya. Berkayak itu apalagi di laut itu melawan alam, teruslah berjuang, teruslah latihan dan keluar dari jalur kekuatan kita artinya jangan pernah putus asa melakukan sesuatu walaupun sesuatu itu sangat berat," pesan Agung Muhajir.

Mulai menjadi Pembina Pramuka di Gudep Pertamina sejak tahun 1990an, Kak Ali mengungkapkan karena Covid-19, kegiatan latihan terbatas, hanya pada waktu tertentu saja. 

Ide awal kegiatan menyebrang Selat Bengkalis yang berjarak sekitar 7 mil atau sekitar 11,27 kilometer menggunakan perahu kano atau kayak ini, sebelumnya hanya bermain di laut dekat Ro-Ro Sungai Selari, di laut Tenggayun. Karena Covid-19 sebagaimana disebutkan di atas membuat Kak M Ali mencetus ide ekspedisi yang sempat tertunda selama dua pekan karena urusan administrasi dan akhirnya dilakukan dengan persiapan singkat hanya sebulan saja.

"Alhamdulillah, KSOP Kelas II Tanjung Buton dengan menurunkan 4 unit speed boat yang mendampingi perjalanan ekspedisi tadi pagi. Kita ikut arus sesuai petunjuk dari KSOP, di tengah tadi memang arus terlalu kencang. Jika ikut, semua adik-adik mau ikut ekspedisi ini tapi tapi tidak tercover, kita lakukan seleksi," tambah Kak M Ali.

Di akhir wawancara, suami dari almarhumah Elfana dan ayah dari Suci Alya ini mengaku, "Kalau kita bermain di laut, emosi itu ada, ada anggota yang teking ada yang penurut. Walau capek tidak boleh berhenti kalau berhenti kita dibawa arus. Kalaupun marah-marah, sampai di atas (darat), klear kembali, Alhamdulillah. Begitu lah Pramuka, saling mengingatkan," tutup Kak M Ali.

Ekspedisi Kayak Sungai Pakning-Negeri Junjungan 2021 dengan motto Berkayak Membentuk Pemuda-Pemudi Yang Tangguh dan Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dibantu menurut Kak Sudirman yang me




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan