Artikel

Jangan putus Asa

Abdul Jamil Al Rasyid

PANTAU ARTIKEL - Putus asa merupakan salah satu sifat yang tidak baik untuk dilakukan. Putus asa yaitu suatu kondisi dimana tidak ada harapan lagi untuk suatu masalah yang sedang dihadapi. Putus asa bisa juga sebagai penghambat kita untuk maju kedepan. Karena dengan putus asa bisa saja menimbulkan gairah yang kurang, optimis yang hilang dan tentunya tidak bersemangat. Ketika kita mengatakan bahwa tidak memiliki harapan dalam suatu peluang, maka itu juga termasuk salah satu penerapan putus asa.
    Putus asa berkaitan juga dengan sifat menyerah karena orang yang menyerah tentu hanya bisa pasrah saja. Hubungan antara kedua hal itu adalah persamaan dari kedua itu. Ketika seseorang putus asa maka sama saja dengan dia menyerah. Kita hidup tentu pernah menyerah dalam suatu keadaan. Tapi hal tersebut bisa saja menjadi semangat kita untuk memperbaikinya kelak ketika kita sudah tahu bahwa putus asa itu tidak baik.
       Seseorang yang sering putus asa dalam suatu masalah adalah orang yang cepat menyerah. Ketika kita cepat menyerah maka hal ini akan membuat orang itu memiliki masalah dalam motivasi dirinya. Kita tentu harus bisa memotovasi diri kita agar kita jangan cepat menyerah dalam suatu hal. Diri kita tentu perlu motivasi untuk menggapai suatu hal yang kita inginkan. Ketika kita menginginkan sesuatu maka hal yang paling baik tentu adalah dimulai diri kita sendiri.
       Kita tentu perlu memulai pagi kita misalnya dengan semangat karena orang yang bersemangat tentu tidak bisa menyerah begitu saja. Tentu putus asa jauh dari kita, karena setiap orang yang bersemangat maka putus asa itu tidak akan bisa menghinggapi diri kita. Setiap pagi kita tentu bisa saja mengarahkan bagaimana hari kita apakah itu baik atau kita hanya pasrah saja. Ketika kita bersemangat maka hal itu bisa saja membuat pagi kita beserta hari kita bersemangat.
         Putus asa tentu juga berkaitan dengan harapan. Harapan tentu bisa saja menentukan arah hidup seseorang. Seseorang yang misalnya kehilangan harapan tentu akan bisa membuat orang itu hancur. Ketika hal ini terjadi maka sifat putus asa itu timbul. Orang yang sedang berputus asa akibat hilang harapan maka itu bisa saja menimbulkan masalah dalam kehidupan orang itu. Tentu setiap orang tidak mau bermasalah karena bisa saja menguras pikiran kita. Tentu hilang harapan adalah salah satu sifat yang dihindari oleh semua orang.
       Putus asa juga berkaitan dengan keyakinan seseorang, karena setiap orang yang putus asa terhadap suatu hal maka itu dia sedang tidak yakin dengan dirinya. Orang yang yakin dengan dirinya bisa saja membuat dia satu langkah lebih maju dibandingkan dengan orang lain. Ketika kita yakin bahwa kita bisa mencapa itu, maka kita harus semangat untuk itu. Orang yang kurang memiliki semangat maka dia juga bisa kurang yakin terhadap suatu hal.

         Jika kita semangat terhadap suatu hal, maka apa yang kita inginkan tercapai. Jangan pernah kita menyerah dengan keadaan begitu saja. Artinya kita tentu harus bisa menempatkan mana yang takdir kita dan mana yang dicapai dengan usaha. Walaupun kita berkali- kali berusaha tetapi gagal maka itu adalah salah satu keberhasilan. Orang yang tidak pernah mencoba suatu hal maka itu adalah orang selamanya gagal. Orang yang pernah mencoba berjuang maka itu adalah orang yang satu langkah berkembang dibanding orang yang tidak pernah mencoba.

         Untuk itu kita jangan pernah putus asa dengan suatu hal. Terkadang benar juga kata pepatah" setelah hujan pasti ada pelangi". Tentu pepatah ini adalah suatu hal yang membuat kita bersemangat jangan pernah putus asa karena pepatah seperti ini bisa saja membuat kita bersunguh-sungguh mencapai suatu hal. Ketika kita putus asa maka bisa saja mengakibatkan kita hilang harapan, seseorang yang hilang harapan tentu tidak baik untuk kehidupan orang itu. Jangan pernah kita putus asa terhadap suatu hal, karena setiap kegagalan tentu ada hikmah yang dapat diambil didalamnya.

Penulis adalah Abdul Jamil Al Rasyid  Mahasiswa Sastra Minangkabau FIB Unand angkatan 2019 berdomisili di Padang Pariaman  Sumatera Barat Santri Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Nurul Ikhlas  Patamuan Tandikek




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan