Daerah

BELANJA PEGAWAI MENCAPAI 40 PERSEN PADA APBD ROHIL 2021

Phote net

ROHIL (PRC ) ---- Persoalan besar belanja pegawai di daerah masih menjadi Pr besar dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Keuangan Sri Mulyani akan melakukan pengaturan batasan maksimal belanja pegawai di tiap daerah sebesar 30 persen, batasan belanja pegawai ini bakal diatur lebih lanjut dalam RUU Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (HKPD). Menurut Sri Mulyani nantinya pemerintah daerah harus mengikuti batasan tersebut, disamping itu RUU juga mengatur besaran minimum belanja infrastruktur (belanja modal) sebesar 40 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama Komisi XI pada saat membahas RUU HKPD, Senin (13/9/2021).

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa memenuhi porsi minuman atas jenis belanja wajib tertentu baik yang dimandatkan oleh UU seperti anggaran pendidikan maupun dalam UU yang lain kedepan menjadi konsen dari pemerintah  dalam menguatkan dan mendisplinkan belanja tiap daerah mulai dari tahap perencanaan, pengelolaan, hingga pengawasan pengunaan anggaran belanja daerah.

Mencermati beberapa point yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Pengiat Anti Korupsi Riau amin SH  melalui telepon selulernya saat dimintai pendapat dan pandangannya terkait hal tersebut mengatakan, ini hal penting yang harus menjadi rambu rambu dari pemerintah daerah agar taat aturan dalam penyusunan APBD kedepan, sehingga pengalokasian anggaran didalam APBD kedepan lebih produktif, berhasil guna dan tepat sasaran sehingga membawa kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Amin ,SH saat ini beberapa daerah kab/kota/provinsi di Indonesia termasuk Kabupaten Rokan Hilir, masih bertumpu kepada belanja pegawai bukan belanja modal, artinya alokasi anggaran belanja pegawai yang termasuk didalam belanja operasi jauh lebih besar jika dibandingkan dengan belanja modal, untuk itu harapan kita pada postur APBD 2022 dapat lebih baik dari tahun 2021.

Pengiat Anti Korupsi Riau Amin SH juga mengatakan jika kita merinci di tahun anggaran 2021 (murni) dari total belanja daerah mencapai 1,875 triliun, alokasi belanja pegawai yang merupakan bagian dari kelompok belanja operasi itu mencapai 743 miliar, 39 persen dari total anggaran belanja daerah, melebihi dari harapan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani yakni tidak melebih dari 30 persen, sedangkan untuk belanja modal mencapai 15 persen dari total anggaran belanja daerah yakni diangka 290 miliar, artinya persen alokasi anggaran belanja modal ini jauh dari harapan Menteri Keuangan yakni 40 persen dari total anggaran belanja daerah, tegasnya.

Kondisi ini membuat kita menduga bahwa pola pengalokasian anggaran dalam APBD Rohil 2021 (murni ) masih jauh dari harapan masyarakat, masih banyak alokasi anggaran dimasing - masing kelompok belanja belanja yang harus mendapat perhatian khusus dari Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir ditahun 2022 ini misalnya alokasi belanja barang dan jasa khsusunya belanja perjalanan dinas yang masih diangka 59 miliar ditahun anggaran 2021 atau 3 persen dari total belanja anggaran belanja daerah tahun 2021, jelasnya.

Belum lagi jika kita merinci belanja hibah yang masih besar mencapai 2 persen yakni diangka 34 miliar. Sedangkan terkait belanja barang, belanja jasa yang masih cukup besar masing masing 118 miliar dan 187 miliar atau masing masing 6 persen dan 10 persen atau jika ditotal mencapai 28 persen dari total belanja daerah ini juga perlu dilakukan evaluasi untuk tahun anggaran 2022 agar keberpihakan alokasi anggaran belanja daerah untuk kepentingan masyarakat lebih adil dan dirasakan terlebih APBD Rohil pada tahun ini mencapai 2 triliun, paparnya.

Terakhirnya menurutnya selama ini belanja daerah belum dikelola dengan optimal dengan indikasi masih besarnya belanja birokrasi seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, ini menjadi pr besar bagi Banggar DPRD & TAPD Rohil agar menciptakan postur APBD Rohil Pro Rakyat Rokan Hilir, Pro Infrastrukut yang berkualitas dimasa yang akan datang. Selasa 16/01/2022 (Syafri) 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan