Daerah

Izin Walikota Pekanbaru Plesiran ke Mesir Belum Diproses

PANTAU PEKANBARU - Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah (Pem dan Otda) Firdaus, sebut sampai sekarang permohonan izin Walikota Pekanbaru untuk plesiran ke Mesir belum diproses. Menurut Firdaus, berkas permohonan plesiran tersebut masih ada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

"Kami dari Biro Pemerintahan memang sudah menerima berkas permohonan izin ke luar negeri itu. Tapi belum bisa kami proses," kata Firdaus, sebagaimana dilansir riauterkini.com, Senin (21/3).

Alasan belum diprosesnya permohonan izin plesiran ke negeri yang terletak di benua Afrika itu, karena mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya terkait kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Mantan Kabiro Humas ini belum mau memastikan, apakah dengan belum diprosesnya permohonan izin plesiran ke Mesir tersebut, berarti penolakan atau Gubernur Riau H Syamsuar enggan menekan surat tersebut.

Meski begitu Firdaus tak menampik, sudah berkonsultasi dengan pimpinan. Sehingga, permohonan izin plesiran oleh Walikota Pekanbaru itu pun diabaikan sampai hari ini. Siapa pimpinan dimaksud, apakah Sekdaprov Riau SF Hariyanto atau Gubernur Riau H Syamsuar.

"Ya arahan pimpinan begitu. Tapi begini, inikan banyak lebih urgen lagi yang harus dituntaskan. Pandemi Covid-19 juga sekarangkan masih," ujar Firdaus.

 

Kabag Otda Biro Pem dan Otda Setdaprov Riau Tri Jumarsa Jalil saat dikonfirmasi membenarkan bahwa sampai hari ini permohonan izin plesiran Walikota Pekanbaru ke Mesir belum diproses.

Menurut Tri, mendapatkan persetujuan dari Gubri dengan ditekennya berkas permohonan adalah syarat untuk diterus ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Setahu saya sampai sekarang memang belum. Dan memamg belum ada diproses," ujar Tri.

Lanjut Tri, izin perjalanan dinas bagi kepala daerah, pimpinan dan anggota DPRD harus melalui rangkaian izin persetujuan. Selain Gubri dilevel provinsi, ada juga Kemendagri. Kemudian diteruskan ke Fasilitas Kerja Sama Luar Negeri serta Sekretriat Negara (Setneg). (*/*)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan