Teknologi

5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Lagi

PANTAU JAKARTA -- Hampir semua kendaraan roda empat atau lebih kini sudah menyediakan fitur air conditioner (AC) sebagai fitur standar. Peranan AC mobil di negara beriklim tropis seperti Indonesia ini sangatlah penting.

Sama seperti komponen lainnya, AC memiliki umur pakai. Meski termasuk ke dalam salah satu komponen slow moving parts, namun AC bisa saja kehilangan fungsinya, semisal berkurang dingin dan hanya keluar angin. Berikut penyebab AC mobil tidak dingin lagi.

Sejatinya jika dilakukan perawatan secara teratur, usia pakai dari AC ini bisa lebih panjang lagi. Perawatan ini juga meminimalisasi matinya atau tidak berfungsinya AC secara mendadak, yang tentunya tidak Anda inginkan sama sekali.

Dilansir dari Auto2000, berikut 5 penyebab AC mobil tidak dingin lagi.

1. Freon habis

Freon memegang peranan penting pada fungsi AC yang terdapat di kendaraan. Freon inilah yang bertugas membuat udara di dalam kabin kendaraan Anda bisa menjadi dingin. Sejatinya jika tak ada kebocoran, maka freon ini tidak akan habis.

Jika freon pada kendaraan habis sebelum waktunya, bisa dipastikan ada kebocoran pada salah satu komponen AC. Sebaiknya Anda menemukan sumber dari kebocoran freon ini sebelum memutuskan untuk mengisinya kembali.

2. Kondensor kotor atau bocor

Kondensor ini memiliki fungsi yang tak kalah penting. Kondensor inilah yang bertugas untuk mendinginkan suhu dan mengubah freon yang semula berbentuk gas diubah menjadi cair.

Kondensor yang kotor atau bahkan bocor bisa dipastikan akan membuat kinerja AC pada kendaraan Anda menjadi tidak maksimal.

Membersihkan kondensor atau menggantinya dengan yang baru jika rusak harus Anda lakukan jika ingin menikmati AC yang dingin.

3. Kompresor AC rusak

Jika kondensor dalam keadaan bersih dan tidak mengalami kebocoran, maka patut dicurigai jika kompresor AC kendaraan Anda rusak.

Sama seperti kondensor, jika kompresor AC mobil rusak maka bisa dipastikan embusan AC Anda tidak akan dingin sama sekali dan terasa keluar angin saja.

Terdapat beberapa penyebab dari rusaknya kompresor AC ini. Sebut saja terputusnya sekring, kehabisan oli kompresor, kebocoran seal, dan kipas AC lemah atau mati.

4. Ekstra fan rusak atau mati

Ekstra fan rusak atau mati menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin lagi. Ekstra fan yang berada di depan kondensor ini juga memiliki peranan yang sangat vital.

Sebab, jika ekstra fan mati maka kondensor tidak bisa maksimal dalam membuang panas yang dihasilkan. Rusak atau matinya ekstra fan dapat disebabkan oleh putusnya sekring, korsleting, maupun faktor usia.

Jika sudah demikian, maka mau tidak mau Anda harus mengganti ekstra fan ini jika menginginkan fungsi AC bisa kembali maksimal lagi.

5. Evaporator kotor

Selain empat komponen di atas, terdapat satu komponen lagi yang tak kalah penting pada AC adalah evaporator.

Evaporator bertugas sebagai penangkap hawa panas di udara dan kemudian disalurkan pada refrigerant (zat dingin) yang akan diubah menjadi hawa dingin.

Saat evaporator ini dalam keadaan kotor, maka udara yang diserap dan diembuskan menjadi kurang. Hal ini berakibat embusan AC menjadi tidak maksimal dan juga tidak dingin lagi.

Demikian penyebab AC mobil tidak dingin lagi. Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka AC pada mobil Anda akan tetap normal mengeluarkan suhu dinginnya dan awet untuk jangka waktu yang lebih lama lagi.***

Sumber: cnn indonesia

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan