Teknologi

Ini Dia Tiga Fitur Baru di Group Call WhatsApp

(Dok: Logo Whatsapp/Anadolu Agency)

PANTAU JAKARTA - WhatsApp resmi merilis, tidak hanya satu, melainkan tiga kemampuan baru untuk fitur panggilan grup (group call). Ketiga kemampuan baru ini diklaim mampu meningkatkan dan memudahkan pengalaman pengguna saat menggunakan fitur panggilan suara di grup. Beberapa pembaruan yang dibawa oleh WhatsApp mencakup kemampuan untuk dapat mengetahui nama pengguna lain yang ikut bergabung di panggilan grup.

  1. Ketahui partisipan yang bergabung Ketika sedang berada dalam panggilan grup, pengguna dapat mengetahui nama pengguna lain yang baru saja masuk ke dalam panggilan.

Hal ini diindikasikan dengan munculnya notifikasi "(nama pengguna WhatsApp) telah bergabung dalam panggilan". Lihat Foto WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk bisa langsung mengirimkan pesan dan mengetahui nama pengguna lain yang baru saja bergabung saat panggilan grup.(WhatsApp)

  1. Mute peserta lain Kemampuan lain yang turut dihadirkan WhatsApp adalah kontrol untuk dapat mematikan suara (mute) pengguna lain yang tengah bergabung di panggilan suara grup. Ketika kemampuan ini diaktifkan, pengguna tak lagi akan mendengar suara yang keluar dari pengguna yang dipilih.

Pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk memblokir suara bising ketika sedang berusaha mendengarkan pengguna tertentu. Baca juga: Cara Ganti Background Video Call WhatsApp

  1. Kirim pesan saat group call Terakhir, WhatsApp kini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan kepada orang lain yang sedang tergabung dalam group call.

Fitur ini dapat ditemukan dengan menekan nama pengguna lain yang ada di panggilan grup WhatsApp dan pilih opsi "Kirim pesan ke (nama pengguna lain)". Halaman Selanjutnya "Fitur baru ini memungkinkan pengguna…

"Fitur baru ini memungkinkan pengguna mengirim pesan ke sesama partisipan dengan cepat, tanpa harus melewatkan percakapan yang sedang berlangsung," tulis WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (17/6/2022).

Pantauan KompasTekno, ketiga fitur ini sudah bisa dicoba bagi pengguna di Indonesia, menggunakan WhatsApp Android versi 2.22.14.7 dan iOS versi 22.2.75. Jika belum mendapatkan tiga fitur baru group call di atas, cek update melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Fitur-fitur baru lain WhatsApp dikenal sebagai salah satu aplikasi yang rutin menggelontorkan sejumlah pembaruan pada platformnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, WhatsApp setidaknya telah meluncurkan lima pembaruan kepada pengguna desktop, Android dan iOS. Telepon 32 orang dalam grup Seperti namanya, kemampuan yang satu ini dapat memberikan kemampuan kepada pengguna untuk melakukan panggilan grup hingga maksimal 32 orang.

"Melalui panggilan grup besar ini, merencanakan acara setelah pandemi ataupun acara pernikahan dengan banyak orang tidak menjadi kendala," tulis WhatsApp.

Voice note "lepas tangan" Ketika hendak merekam pesan suara (voice note) di WhatsApp, pengguna tak lagi harus menahan tombol mikrofon, alias bisa lepas tangan.

Dengan pembaruan fitur ini, pengguna hanya perlu menahan sejenak ikon mikrofon dan menggesernya ke atas untuk mengunci mode rekam.

Rekaman yang sedang berjalan juga dapat dijeda dan dilanjutkan kembali dengan menekan ikon Pause. Ketika proses rekaman sudah selesai, pengguna dapat langsung mengirimkan pesan suara tersebut dengan menekan tombol Send. Review kembali voice note.

Kini pengguna dapat mendengarkan kembali suara voice note yang sebelumnya sudah direkam, sebelum mengirimkannya kepada pengguna lain. Hal ini dapat dilakukan untuk memastikan kejernihan suara voice note, sehingga terbebas dari adanya suara orang lain atau bising yang ikut terekam. Replay voice note WhatsApp semakin memberikan kemudahan kepada penggunanya yang aktif menggunakan fitur voice note.

Melalui sebuah pembaruan, pengguna WhatsApp saat ini sudah dapat mendengarkan voice note sambil membaca atau merespon pesan lainnya. Voice note juga sudah bisa dijeda atau dilanjutkan.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna yang hendak mendengarkan voice note dengan durasi yang cukup panjang. Voice note bisa dipercepat Serupa dengan fitur "Playback" yang dihadirkan YouTube, WhatsApp menyajikan opsi untuk dapat meningkatkan kecepatan voice note hingga 1,5x atau 2x lebih cepat.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan