Berita Manca negara

Nelayan Ini Kaget Bukan Kepalang Temukan Makhluk Aneh Transparan Seperti Jeli Kayak di Film-film

Makhluk transparan aneh. (Dok: Mirror/detik.com)

PANTAU JAKARTA - Seorang nelayan kaget setengah mati setelah dia menangkap makhluk transparan kecil yang aneh wujudnya. Bodinya transparan serta memiliki semacam cakar yang panjang. Ketika dipajang di media sosial, langsung timbul kehebohan. Ada yang menyebutnya sebagai alien karena tidak bisa mengenalinya.

"Tolong yakinkan aku bahwa makhluk ini bukan alien," sebut caption di video makhluk tersebut yang viral di Reddit.

Tidak jelas di mana video itu diambil, tapi diduga ini di Amerika Serikat karena dari aksen bahasa Inggris si nelayan. Seperti dikutip detikINET dari Mirror, Selasa (28/6/2022), terlihat dalam video sang nelayan menekan bagian luar yang bentuknya seperti jeli, dan di dalamnya ada makhluk dengan cakar itu.

Dikutip dari laman detik.com, memang wujudnya tampak sangat aneh dan sukar dikenali sehingga bikin kebingungan. Namun ilmuwan mengatakan bahwa sebenarnya makhluk semacam ini umum terdapat di lautan.

Pakar parasit Katie O'Dwyer, pun menyebut bahwa makhluk transparan yang ditangkap oleh sang nelayan ini sebenarnya bukan satu, melainkan dua spesies. Pertama adalah binatang bernama Phronima yang hidup di laut dalam dan bisa ditemukan di banyak lautan dunia, kecuali di area kutub.

Phronima ini bodinya bisa dikatakan sebagai semi transparan. Mereka adalah hewan parasitoid. Disebut demikian karena mereka menyerang makhluk lautan lainnya yang bernama Salp dengan menggunakan cakarnya itu, agar dapat bertahan hidup di lautan terbuka.

Adapun Salp adalah zooplankton yang juga cukup banyak berkeliaran di lautan. Phronima ini lalu masuk ke dalam tubuh binatang itu dan membunuhnya, kemudian menjadikannya sebagai semacam rumah sementara untuk perlindungan diri. Phronima betina juga meletakkan telurnya di dalam Slap sampai berkembang besar menjadi larva.

Jadi, si nelayan ini menemukan hewan Salp yang di dalamnya ada parasit Phronima. Salp dan Phronima ini tampak transparan, sehingga menemukan kedua hewan ini sekaligus pasti akan jadi pengalaman yang sangat aneh untuk si nelayan. ****

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan