Artikel

WASPADA! Bensin Bocor dan Korsleting, Penyebab Utama Kebakaran Mobil

Ada banyak penyebab mobil terbakar tiba-tiba di jalan, salah satunya adalah kelalaian pengguna mengantisipasi potensi sumber api. (Dok: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

PANTAU JAKARTA - Insiden mobil terbakar masih kerap terjadi dan menjadi pemberitaan dalam beberapa bulan terakhir di Indonesia. Kejadian ini tidak hanya dialami kendaraan lawas melainkan juga mobil produksi relatif baru.

Kasus ini tentu harus menjadi perhatian buat semua pihak, terutama pemilik mobil. Upaya antisipasi dan waspada agar tidak terjadi mobil terbakar perlu dipahami.

Berikut ini tips buat Anda mengenali penyebab mobil terbakar dan cara mengatasinya.

Kemungkinan penyebab kebakaran mobil yang pertama yaitu ada kebocoran aliran bahan bakar. Bahan bakar yang bocor dapat memicu api jika terkena komponen sangat panas di area mesin.

"Kebocoran aliran bensin bisa diatasi dengan memperbaiki kualitas selang (hose) bensin dan pengikatnya (klem). Jika selang bensin dan klemnya tidak bisa diperbaiki maka disarankan datang ke bengkel resmi untuk dilakukan penggantian," kata Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International - Peugeot dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat.

Penyebab lain mobil mudah terbakar adalah terdapat masalah pada sistem kelistrikan seperti korsleting.

Sumbernya bukan hanya tikus yang merusak kabel penghantar listrik, tetapi bisa juga dari masalah soket sambungan yang kendur.

Dikutip dari laman cnn Indonesia, untuk itu pastikan sekring-sekring dalam kondisi baik. Perlu diperhatikan, terutama penggemar modifikasi, setiap perubahan yang dilakukan terutama terkait kelistrikan akan rentan menjadi penyebab kebakaran.

Seperti contoh bohlam lampu utama atau foglamp diganti dengan produk yang Watt lebih besar. Penggantian yang tidak sesuai standar bisa menimbulkan kekurangan pasokan daya hingga timbul arus pendek dan berujung kemunculan api.

Terakhir, pastikan tiap kendaraan, baik produk lama atau baru, tersedia tabung alat pemadam api ringan atau APAR di dalam kabin untuk mengantisipasi hal tak diinginkan.

Kemudian selalu lakukan perawatan rutin di bengkel resmi agar semua potensi penyebab mobil terbakar dapat dicek oleh teknisi profesional dengan alat lengkap.

Roni menambahkan kebakaran pada kendaraan bukan masalah sepele karena berkaitan keselamatan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga pengguna jalan lainnya.

"Ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang sebenarnya sudah bisa dikenali oleh pengemudi sejak awal. Dengan mengenali penyebabnya akan memudahkan tindakan pencegahan kebakaran lebih dini. Sehingga penumpang aman dan selamat saat mobil terus dikendarai," kata dia. ***

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan