Artikel

Habis Banjir Garut Munculah Arapaima, Ikan Predator Ganas Asal Amazon

Penemuan ikan arpaima di Kabupaten Garut. (Dok:Istimewa/detik,com)

PANTAU GARUT - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyisakan kisah viral berupa penemuan 3 ekor ikan arapaima. Ikan raksasa tersebut kemudian jadi santapan warga.

Dilansir dari detikJabar, Selasa (19/7/2022), ikan yang memiliki habitat asli di Sungai Amazon tersebut merupakan hewan peliharaan warga yang terseret banjir bandang.

Penampakan ikan arapaima yang berasal dari benua Amerika tentu jarang ditemukan di Indonesia, sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Ikan yang memiliki nama lain paiche atau pirarucu ini merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan tersebut merupakan termasuk spesies Arapaima gigas. Arapaima gigas diperkirakan memiliki berat yang bisa mencapai 200 Kg dengan panjang sekitar 3-4 meter.

Ikan ini berasal dari perairan sungai di daerah tropis Amerika Selatan, tepatnya di Amazon Brazil dan Peru. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan arapaima dapat hidup di air tawar dengan kandungan pH 6.0 sampai 6.5, dengan suhu kisaran 25-29 derajat celcius.

Ikan Predator yang Ganas

Arapaima gigas merupakan salah satu predator ganas di perairan Sungai Amazon. Selain memangsa ikan-ikan di sungai, arapaima juga dapat menangkap hewan lain yang berada di dekat permukaan air, seperti katak, unggas, serangga, atau bahkan primata kecil.

Keganasan Arapaima gigas ini membuatnya disebut sebagai predator invasif yang dapat merusak ekosistem. Keganasan Arapaima tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 94 Tahun 2016 tentang Jenis Invasif.

Bahkan, pemerintah melarang ikan predator raksasa ini masuk ke perairan sungai Indonesia dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia. Arapaima termasuk ke dalam 152 ikan yang dilarang masuk ke perairan Indonesia.***

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan