Artikel

Namanya Memang Serem, tapi Ikan Kutuk, Kuliner Khas Gresik Enaknya Tenan Rek!

(Dok:KOMPAS.com)

PANTAu JAKARTA - Beragam olahan ikan gabus (kutuk) yang menggugah selera ditawarkan rumah makan Al Hambra di Kecamatan Duduksampeyan, Gresik, Jawa Timur. Pengalama makan di Al Hambra semakin terasa lengkap, karena pengunjung juga dapat melaksanakan aktivitas memancing di lokasi yang sama.

Pengelola rumah makan dan pemancingan Al Hambra Laily Haula Hayati mengatakan bahwa ia sengaja menjadikan ikan kutuk sebagai menu andalan.

"Biasanya saya dapat bahan ikan kutuknya itu dari warga, yang sehari-hari biasa mencari ikan. Mereka biasanya langsung setor (jual) kepada saya, sehingga kondisi ikan masih segar-segar," ujar Laily kepada Kompas.com.

Kondisi ikan yang masih cukup segar, ditambah suasana lokasi rumah makan yang berada di lahan pertambakan, membuat para pengunjung merasa nyaman. Terlebih bagi mereka yang senang memancing, bakal betah untuk berlama-lama di lokasi.

Sementara itu, berbagai olahan ikan kutuk di Al Hambra di antaranya adalah asem-asem kutuk, pepes kutuk, rica-rica kutuk, dan kutuk bakar. Menu bisa dipilih dengan menyesuaikan selera dari masing-masing pengunjung.

Menurut Laily, pengolahan ikan kutuk tidak terlalu merepotkan. Olahan ikan kutuk disesuaikan dengan masing-masing menu, kemudian dipadukan dengan bumbu alami. Adapun bumbu tersebut di antaranya yaitu kunyit, daun bawang, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Laily juga menambahkan bumbu lain sesuai dengan masakan. "Biasanya juga pakai daun jeruk purut sebagai penyedap, sekaligus penghilang bau anyir," ucap Laily.

Olahan ikan kutuk yang disajikan di rumah makan dan pemancingan Al Hambra secara tradisional, rupanya diminati oleh pengunjung. Terlebih pada saat siang hari, pengunjung menyantap ikan kutuk dengan nasi putih hangat maupun nasi jagung.

Tajuddin, salah seorang penikmat kuliner yang sempat mencoba olahan ikan kutuk tersebut mengaku, ia terkesan dengan sensasi pedas dan tekstur daging ikan kutuk yang lembut. Tajuddin menyebut, sajian yang dia nikmati mampu membangkitkan selera makan, hingga membuat tubuh semakin bertenaga.

"Rasanya mantap, pas di lidah saat dikunyah. Pedasnya mantap dan aromanya cukup terasa, membuat lidah serasa menari-nari," ujarTajuddin.

Lokasi Al Hambra yang berada di lahan pertambakan dengan semilir angin, menurut Tajuddin menjadi poin tambahan. Hal ini juga cukup mendukung dalam membuat nyaman pengunjung saat menikmati sajian yang dihidangkan.

"Lebih nikmat disantap pada siang hari, dengan dipadu bisa nasi jagung atau nasi putih sesuai selera. Yang pasti, setelah makan tubuh dapat berkeringat dan membuat semakin bertenaga. Namun jangan khawatir, karena di sini (Al Hambra) tempatnya nyaman, anginnya juga semilir, jadi sangat mendukung," tutur Tajuddin.

Tidak hanya lezat, ikan kutuk juga memiliki kandungan protein albumin yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, ikan kutuk juga diketahui mengandung asam lemak sehat.

Salah seorang pengunjung, Muhammad Bahrul Ghofar bahkan meyakini, banyak manfaat kesehatan yang didapat dari mengonsumsi ikan kutuk. Di antaranya, dapat mempercepat penyembuhan pasca operasi ibu melahirkan, luka bakar, maupun luk

a pasca kecelakaan.

"Di sini enak, nyaman, mantap buat rujukan baik sama keluarga maupun bersama teman. Tidak hanya makan dan menikmati olahan ikan kutuk, tapi bisa juga memancing. Setelah capek memancing bisa lanjut makan, mantap lah pokoknya," tutur Ghofar.

Bagi yang tertarik dan berminat mencicipi kelezatan olahan ikan kutuk di rumah makan dan pemancingan Al Hambra tidak perlu khawatir merogoh dompet terlalu dalam. Al Hambra hanya mematok harga Rp14.000 hingga Rp20.000 per porsi olahan ikan kutuk.***

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan