DUMAI

Walikota Dumai Paisal, Memanfaatkan SLCN dan informasi cuaca dari BMKG

PANTAU DUMAI - Informasi cuaca yang akurat dari sumber terpercaya yang memiliki kewenangan mengeluarkan informasi, sangat berperan krusial dalam mendukung maksimalnya sektor perikanan dan kelautan, khususnya di Kota Dumai.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya SLCN ini dapat menjadi wadah dan sarana bagi para pengguna informasi BMKG agar dapat lebih memahami informasi sehingga dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Kepada peserta yang terdiri dari nelayan dan penyuluh, H. Paisal berpesan agar bisa memanfaatkan SLCN dan informasi cuaca dari BMKG secara maksimal agar dapat selamat dalam melaut dan mendapatkan penghasilan melimpah dari kekayaan bahari di Kota Dumai.

"Kami juga berpesan kepada BMKG, penyuluh perikanan, dan stakeholder terkait, mohon dipastikan bagaimana caranya para nelayan kita dapat menyerap informasi kekinian terkait kondisi cuaca, teknologi, peralatan dan aplikasi apa yang harus mereka miliki, serta bagaimana informasi ini dapat diakses oleh nelayan," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan menjelaskan, SLCN merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan konsep sekolah lapangan untuk memberikan informasi dalam pemanfaatan produk informasi cuaca dan iklim laut BMKG.

"Materi yang akan disampaikan diantaranya, pengenalan produk dan memahami informasi cuaca BMKG, praktek dan dinamika kelompok, karakteristik wilayah perairan dan kebijakan, dan pengenalan alat observasi BMKG, dengan instruktur dan narasumber dari BMKG pusat, Stamet SSK II Pekanbaru, Dinas Perikanan Dumai, KSOP Dumai, dan Distrik Navigasi Dumai," sebut Ramlan.

Terakhir ia berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta, khususnya untuk memahami dan memanfaatkan informasi cuaca dan iklim secara efektif dalam mendukung sektor kelautan dan perikanan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta serta penyerahan jaket pelampung (life jacket) kepada 3 orang perwakilan peserta SLCN.

Pada kesempatan ini juga, Kepala Stamet SSK II Pekanbaru Ramlan menyerahkan cindera mata kepada anggota Komisi V DPR RI, Ir. Effendi Sianipar, dan Wali Kota Dumai H. Paisal (infotorial)

Sumber  (Diskominfo Dumai)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan