BENGKALIS

Hari Lansia Internasional, Alzheimer's Indonesia Chapter Bengkalis Gelar Senam dan Cek Kesehatan Gratis

PANTAU BANTAN - Dalam rangka memperingati bulan Alzheimer's se-Dunia yang jatuh pada bulan September dan hari lansia internasional, Alzheimer's Indonesia Wilayah Bengkalis menggelar sejumlah kegiatan.

Adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan yakni senam Alzi Bengkalis Ceria (ABC), pemeriksaan kesehatan, skrining fungsi kognitif, senam otak dan dilanjutkan dengan permainan. Sabtu, 1 Oktober 2022 di Pantai Indah Selatbaru Kecamatan Bantan.

Kegiatan dibuka langsung oleh ketua panitia pelaksana Sri Rezeki, yang diikuti sekitar dua ratus lebih lansia dan kader PKK Desa se-Kecamatan Bantan.

Sri Rezeki mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai upaya untuk memotivasi ibu-ibu lansia agar lebih semangat dalam beraktivitas dan tidak hanya berdiam diri di dalam rumah.

 

"Kegiatan ini bekerjasama dengan puskesmas Selatbaru dan Unit Pelaksana Teknis selatbaru, dan kami mengucapkan terimakasih kepada ibu-ibu yang telah hadir disini," kata Sri.

Sri Rezeki menambahkan melalui kegiatan yang sangat positif ini ibu-ibu yang hadir lebih mengetahui Alzheimer's dengan cara mencegah atau lebih kepada mengatasi pikun.

 

Sementara itu Koordinator Wilayah Alzi-Bengkalis Diah Tantri Kusumaningtiyas berharap ibu-ibu lebih mengetahui Alzheimer dan cara mencegah pikun dengan baik.

"Pada tahun 2021 kami melakukan kunjungan kerja ke beberapa rumah menemukan orang yang terdiagnosa nyanyuk atau pikun lebih senang dirumah atau sama sekali tidak dibawa jalan-jalan, padahal orang pikun ini butuh dibawa jalan untuk berinteraksi dengan dunia luar," kata Tantri.

 

Selanjutnya Tantri menambahkan bagi ibu-ibu yang membutuhkan Informasi atau Rujukan mengenai Alzheimer bisa langsung hubungi anggota yang terdekat. Untuk saat ini hanya di Bengkalis, Bantan dan Sungai Pakning.

"Semoga melalui hal positif ini ibu-ibu semakin tahu dengan Demensia Alzheimer dan dapat diminimalisir sedini mungkin," ujar Tantri.

 

Sejumlah permainan untuk lansia juga dilaksanakan seperti melempar bola ke dalam keranjang dan masukkan terong ke dalam botol, serta lomba joget terheboh. Antusias ibu-ibu lansia ini pun sangat tinggi karena panitia pun langsung menyiapkan hadiah menarik.




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan