Berita Manca negara

GAWAT! Turki Ngamuk, Markas Militer Amerika Dibombardir Pakai Jet Tempur

(Dok: VIVA)

PANTAU JAKARTA – Angkatan Bersenjata Turki dilaporkan baru saja melakukan penyerangan besar-besaran ke salah satu markas militer Amerika Serikat yang berada di wilayah Provinsi al-Hasakah, Suriah. Berdasarkan laporan saluran televisi Al Mayadeen dilansir VIVA Militer, Selasa 22 November 2022, militer Turki mengamuk membombardir markas pangkalan militer Amerika Serikat dengan pesawat-pesawat tempurnya.

Pangkalan militer Amerika Serikat itu jadi target serangan militer Turki karena selama ini dijadikan sebagai tempat pelatihan milisi Kurdi oleh Amerika Serikat.

Milisi Kurdi yang dilatih di pangkalan militer ini berasal dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Perlu diketahui, paada 2015, Amerika Serikat melatih milisi Kurdi di pangkalan itu, dalihnya sih untuk melawan kelompok teroris ISIS.

Nah sebagai imbalannya, ketika itu Kurdi mengizinkan Amerika untuk mendirikan sembilan pangkalan militer di wilayah timur laut Suriah yang dikuasai SDF.

Lima pangkalan militer Amerika dibangun di dekat ladang minyak di Kegubernuran Deir ez-Zor, sedangkan empat pangkalan militer lainnya di bangun di Kegubernuran al-Hasakah. Sehari sebelumnya, militer Turki menggempur wilayah antara al-Hasakah dengan Aleppo.

Dalam serangan itu, tiga tentara nasional Suriah dilaporkan jadi korban, mereka tewas akibat serangan udara. Amukan militer Turki ini dipicu serangan ke Istanbul yang diyakini didalangi milisi Kurdi.

////




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan