DUMAI

Aktif Wujudkan SDG's, KPI RU Dumai dan Sungai Pakning Raih Predikat Gold di Ajang ISDA 2022

PANTAU Dumai, 23 November 2022 - Ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) ke-5 tahun 2022 kembali digelar oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD) di hotel Ritz Carlton, Jakarta pada Selasa (22/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. KH Ma'ruf Amin, Martin Neureiter dari ISO 26000 SGN Expert serta perwakilan dari Menko Kemaritiman dan Investasi, perwakilan Menko Perekonomian, perwakilan dari Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Ketua Umum CFCD dan jajaran CFCD.

Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama seluruh aspek masyarakat dalam memulihkan ekonomi indonesia pasca pandemi covid-19.

"Salah satunya dengan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang juga sekaligus mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia," ujarnya.

Ketua Umum CFCD, Thendri Supriatno menyampaikan bahwa penghargaan diberikan kepada perusahaan yang melakukan kegiatan penghematan energi, konservasi lingkungan, pengembangan masyarakat dan kegiatan lainnya dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Sebanyak 103 Perusahaan dengan berbagai latar belakang mengikuti penghargaan ISDA tahun 2022 ini dan mendapatkan 223 best practice.

“ISDA memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perusahaan - Perusahaan yang telah melakukan berbagai kegiatan positif demi mewujudkan kepemimpinan yang berkontribusi kepada TPB di Indonesia” ujarnya.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) Dumai dan Sungai Pakning yang turut berpartisipasi dalam ajang tersebut, masing-masing berhasil meraih predikat Gold untuk program pengembangan masyarakat melalui kampung Minapolitan serta Konservasi lahan gambut melalui pengembangan pertanian Holtikultura.

Area Manager Communication, Relation & CSR, Nurhidayanto, mengungkapkan, Raihan Penghargaan ISDA Awards ini sebagai wujud apresiasi Perusahaan dalam mendukung penuh program Pemerintahan guna mewujudkan TPB di Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang konsisten dijalankan PT KPI RU Dumai.

“Ini adalah bukti nyata yang dilakukan PT KPI RU Dumai dan Sungai Pakning dalam mendukung penuh program pemerintah untuk mewujudkan TPB di wilayah. Alhamdulilah kami mendapat predikat Gold untuk program pengembangan masyarakat serta konservasi lahan gambut” ujarnya.

Program Kampung Minapolitan sendiri merupakan program mentransformasikan masyarakat nelayan ngokang dan konvensional yang berada di sekitar unit operasi menjadi masyarakat nelayan modern dengan budidaya perikanan yang mampu memanfaatkan sumber daya yang tersedia baik di darat maupun laut untuk menunjang produktivitas perikanan masyarakat. 

Sedangkan program pengembangan pertanian hortikultura di lahan gambut merupakan program revitalisasi ekosistem darat akibat bekas terbakar dan merehabilitasi lahan semak belukar dengan memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan, tanggap kebencanaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Berbagai program yang dilaksanakan Perusahaan dalam mendukung terwujudnya TPB diantaranya Penanaman pohon, konservasi flora dan fauna, pembangunan panel surya sebagai sumber energi listrik serta berbagai program lainnya.” Tutupnya.

Adapun ISDA merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Perusahaan atau institusi yang telah berkontribusi dan berperan aktif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals‐SDGs) melalui pelaksanaan program CSR Perusahaan.

—————————————————
Media Contact
Nurhidayanto
Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai
Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional
M: +62 821-5168-9986




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan