Gaya Hidup

Apa Sih Arti FOMO? Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Twitter Simak Yuk

PANTAU JAKARTA - FOMO adalah singkatan dari "Fear Of Missing Out", yang artinya adalah ketakutan atau kekhawatiran seseorang akan ketinggalan atau melewatkan sesuatu yang dianggap penting atau menarik. Istilah ini sering digunakan dalam konteks sosial media, di mana seseorang bisa merasa tertekan untuk ikut serta dalam suatu aktivitas atau acara yang sedang tren atau populer, karena takut merasa terasing atau tidak diakui oleh orang lain.

Contohnya, seseorang yang melihat teman-temannya berfoto di acara musik terbaru atau festival makanan yang sedang viral di media sosial, bisa merasa cemas atau kecewa karena tidak ikut serta dalam acara tersebut. Hal ini bisa memicu rasa cemburu atau rasa tidak percaya diri, yang dapat memengaruhi kesejahteraan mental seseorang.

FOMO seringkali terkait dengan kecanduan sosial media, karena pengguna seringkali membandingkan diri mereka dengan orang lain yang tampaknya memiliki kehidupan yang lebih baik atau lebih menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan kesadaran diri dan batas-batas sehat dalam penggunaan sosial media, agar tidak terjerat dalam pola pikir yang merugikan.

Beberapa hari terakhir, istilah FOMO tengah viral digunakan di Twitter. Penggunaan istilah FOMO belakangan ini ramai digunakan oleh para pengguna yang gemar dengan grup musik asal Korea Selatan alias fan Kpop.

 

Di Twitter, fan Kpop atau Kpoper menggunakan istilah FOMO untuk melabeli orang-orang umum (non-Kpoper) yang datang ke konser grup musik tetapi tidak memahami bagaimana etika menonton konser menurut mereka.

Penggunaan istilah FOMO untuk melabeli orang-orang seperti itu bisa dilihat dari salah satu twit dari akun dengan handle @pancakeseung, sebagaimana tertera di bawah ini.

Akun tersebut memakai FOMO untuk melabeli orang yang datang ke konser musik Kpop, tetapi melakukan tindakan yang dianggap mengganggu seperti naik ke kursi penonton.

Selain untuk melabeli orang-orang non-fan yang dianggap mengganggu, istilah FOMO juga sempat beberapa hari terakhir ini digunakan untuk menuding seorang selebgram Rachel Venya karena dia datang ke konser Blackpink di Jakarta, Minggu (12/3/2023).

Sebagian dari Anda mungkin juga sudah sempat melihat keramaian penggunaan istilah FOMO di Twitter belakangan ini. Melihat keramaian penggunaan istilah ini, lantas sebenarnya apa yang dimaksud dengan FOMO?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai arti FOMO yang viral belakangan ini.

Dikutip dari kompas.vcom, secara harfiah, arti FOMO yang merupakan singkatan dari “Fear of Missing Out” adalah ketakutan atas kehilangan atau ketinggalan dalam sesuatu hal.

Sementara itu, dikutip dari USA Today, secara pengertian spesifik, FOMO artinya adalah perasaan ketakutan atau kecemasan khusus yang muncul ketika seseorang menganggap dirinya bakal kehilangan beberapa interaksi sosial yang penting.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan