Gaya Hidup

Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy A54 5G, Simak Yuk Spesifikasi Awesome dan Harganya

Ilustrasi (DOK:NET)

PANTAU JAKARTA- Samsung Galaxy A54 5G adalah salah satu ponsel terbaru dari Samsung yang diluncurkan pada tahun 2021. Ponsel ini menawarkan fitur-fitur unggulan seperti konektivitas 5G, kamera quad, dan baterai yang tahan lama. Artikel ini akan membahas lebih detail tentang spesifikasi dan fitur Samsung Galaxy A54 5G.

Desain dan Layar

Samsung Galaxy A54 5G memiliki layar Full HD+ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan ukuran 6,5 inci. Layarnya juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, sehingga lebih tahan terhadap goresan dan benturan. Ponsel ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Awesome Black, Awesome Blue, dan Awesome White.

Di bagian belakang, terdapat kamera quad yang terletak di sudut kiri atas ponsel. Posisi kamera yang menonjol ke luar sedikit membuat ponsel ini lebih mudah tergelincir, sehingga perlu dijaga dengan hati-hati. Namun, desainnya yang elegan dan modern akan membuat Anda terlihat trendi saat menggunakannya.

Performa dan Konektivitas

Samsung Galaxy A54 5G ditenagai oleh chipset Snapdragon 750G yang cukup tangguh untuk menangani tugas-tugas multitasking. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan RAM 4GB atau 6GB dan penyimpanan internal 128GB, yang bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1TB.

Fitur unggulan lain dari Samsung Galaxy A54 5G adalah konektivitas 5G yang memungkinkan Anda mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, dan port USB Type-C.

Kamera

Samsung Galaxy A54 5G memiliki kamera quad dengan konfigurasi 48MP (wide), 12MP (ultrawide), 5MP (macro), dan 5MP (depth). Kamera utama 48MP-nya memiliki teknologi pixel binning, yang memungkinkan Anda mengambil foto yang lebih tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya yang minim. Kamera ultrawide-nya juga memungkinkan Anda mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih lebar, sehingga Anda bisa menangkap lebih banyak objek dalam satu gambar.

Kamera makro-nya memungkinkan Anda mengambil foto close-up dengan jarak yang sangat dekat, sehingga Anda bisa mengabadikan detail-detail kecil dari suatu objek. Sementara kamera depth-nya memungkinkan Anda membuat efek bokeh yang lebih menarik pada foto.

 

Baterai

Samsung Galaxy A54 5G memiliki baterai berkapasitas 4500mAh yang cukup besar untuk digunakan seharian penuh. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur fast charging 15W, sehingga Anda bisa mengisi daya baterainya dengan lebih cepat.

Harga di Indonesia

Seperti diketahui Samsung memperkenalkan Galaxy A54 di Indonesia, Kamis (16/3/2023). Bocoran soal HP kelas menengah ini sudah ramai beredar di internet sejak beberapa saat lalu.

Dari segi desain, Galaxy A54 membawa beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. Kini wujudnya lebih mirip HP flagship Galaxy S23 yang diluncurkan pada awal Februari lalu. Di bagian punggung, tak ada lagi modul kamera khusus untuk meletakkan kamera.

Tiga kamera Galaxy A54 disusun ke bawah dan menyatu dengan badan HP, sama seperti Galaxy S23. Sisian bodinya juga kini dibuat lebih melengkung.

Dikutip dari cnbcindonesia.com, bukan cuma itu, bahan punggung Galaxy A54 juga terbuat dari kaca, bukan plastik seperti kebanyakan HP di kelas menengah.

Layar tersebut dilengkapi dengan punch hole atau istilah Samsung 'Infinity-O' untuk meletakkan kamera selfie 32MP.

Untuk sektor fotografi bagian belakang, Galaxy A54 mengusung konfigurasi 3 kamera (triple camera). Masing-masing beresolusi 50MP (f/1.8), 12MP (ultrawide, f/2.2), dan 5MP (macro, f/2.2).

Besaran piksel kamera utamanya memang menurun dari Galaxy A53 keluaran tahun lalu dengan sensor beresolusi 64MP. Namun, jenis sensornya mengandalkan Sony IMX766 yang lebih jumbo dengan ukuran 1/5.6 inci.

Kamera 50MP ini juga dilengkapi penstabilan gambar (OIS) yang lebih mumpuni, yakni 1,5 derajat. Tangkapan foto dan perekaman video diklaim lebih stabil.

Untuk dapur pacu, Galaxy A54 memakai chipset Exynos 1380 dengan fabrikasi 5nm. Dibandingkan dengan yang dipakai sebelumnya, ada peningkatan CPU 20% dan GPU 26%.

Kapasitas RAM-nya 8GB dan dipadukan dengan pilihan memori 128GB/256GB. Jika masih kurang, pengguna bisa menambah memori eksternal hingga 1TB melalui slot microSD yang tersedia.

Galaxy A54 memiliki baterai 5.000mAh dengan fitur pengisian daya cepat (fast charging) 25W. Sistem operasinya pakai One UI 5.1 teranyar berbasis Android 13.

  1. Samsung Galaxy A54 5G ini sudah bersertifikat IP67 sehingga aman terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selanjutnya, HP ini punya dimensi yang cukup minimalis, yaitu 158,2 x 76,7 mm dan ketebalan bodi 8,2 mm. Terakhir, bobotnya juga tergolong normal, hanya 202 gram. HP ini sudah mendukung jaringan 5G, ketahanan debu/air bersertifikasi IP67, speaker Dolby Atmos, dan USB-C.

Harga dan Ketersediaan Galaxy A54 di Indonesia

Di Indonesia, HP ini sudah bisa dipesan melalui laman resmi Samsung dalam varian warna Awesome Graphite, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Lime. Berikut harganya

8GB/128GB Rp 5.999.000

8GB/256GB Rp 6.399.000

Kesimpulan

Samsung Galaxy A54 5G adalah ponsel yang menawarkan spesifikasi dan fitur-fitur yang cukup tangguh untuk digunakan sehari-hari. Konektivitas 5G-nya membuat ponsel ini lebih unggul dibandingkan dengan ponsel sejenis di kelas menengah. Selain itu, kamera quad-nya juga bisa menghasilkan foto-foto yang bagus, terutama dalam kondisi cahaya yang minim.

 

Namun, desainnya yang menonjolkan kamera membuat ponsel ini mudah tergelincir dan kurang nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, harga Samsung Galaxy A54 5G yang lebih mahal dari ponsel sejenis di kelas menengah bisa menjadi pertimbangan bagi sebagian orang.

Meski demikian, jika Anda mencari ponsel dengan konektivitas 5G, kamera yang bagus, dan baterai tahan lama, Samsung Galaxy A54 5G bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Secara keseluruhan, desain yang dimiliki Samsung Galaxy A54 5G ini tidak mengecewakan. Kesan premium benar-benar terasa baik ketika smartphone ini dilihat ataupun dipegang.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan