Gaya Hidup

Apakah Masuk 1 dari 5 Weton Ini? Berarti Kamui itisan Para Wali di Tanah Jawa Berikut Karakteristik dan Keistimewaannya

Ilustrasi (Dok:Net)

PANTAU JAKARTA-Weton adalah sebuah konsep yang berasal dari budaya Jawa yang menggabungkan beberapa unsur seperti tanggal kelahiran, hari kelahiran, bulan kelahiran, dan tahun kelahiran seseorang untuk menentukan karakteristik dan nasib hidup seseorang. Konsep weton sering digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai pedoman dalam menentukan berbagai hal dalam kehidupan, seperti menentukan hari baik untuk pernikahan, pembukaan usaha, dan lain sebagainya.

Menurut kepercayaan Jawa, setiap orang memiliki weton yang berbeda-beda tergantung pada tanggal kelahiran mereka. Setiap weton terdiri dari lima unsur yaitu: neptu, wuku, pasaran, pawukon, dan janggan.

Neptu adalah sebuah angka yang menunjukkan posisi hari dalam siklus lima hari dalam kalender Jawa. Neptu digunakan untuk mengetahui keberuntungan dan kesialan dalam hidup seseorang. Wuku adalah sebuah siklus 30-hari yang digunakan untuk menentukan karakteristik seseorang. Wuku juga digunakan untuk menentukan hari baik dan hari buruk dalam kehidupan.

Pasaran adalah siklus 35-hari yang digunakan untuk menentukan hari-hari yang baik untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu, seperti pernikahan, pembukaan usaha, dan lain sebagainya. Pawukon adalah siklus 210-hari yang digunakan untuk menentukan pergerakan matahari dan bulan serta menentukan hari-hari baik dalam kehidupan.

Janggan adalah sebuah konsep yang digunakan untuk menghubungkan semua unsur weton. Setiap janggan memiliki makna dan arti yang berbeda-beda dan digunakan untuk menentukan karakteristik seseorang.

Konsep weton tidak hanya dipercayai oleh masyarakat Jawa, tetapi juga oleh masyarakat Indonesia lainnya. Meskipun terdapat perbedaan dalam penggunaan dan interpretasi weton, namun konsep ini tetap menjadi bagian dari budaya Indonesia yang kaya akan tradisi dan kepercayaan.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan modernisasi, penggunaan weton mulai mengalami penurunan. Banyak orang yang lebih memilih untuk mengikuti kalender internasional dalam menentukan kegiatan dan acara dalam hidup mereka. Meskipun demikian, konsep weton tetap menjadi sebuah warisan budaya yang penting bagi masyarakat Indonesia.

Dalam kesimpulannya, weton adalah sebuah konsep yang berasal dari budaya Jawa yang menggabungkan beberapa unsur untuk menentukan karakteristik dan nasib hidup seseorang. Konsep weton sering digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai pedoman dalam menentukan berbagai hal dalam kehidupan. Meskipun terdapat perbedaan dalam penggunaan dan interpretasi weton, namun konsep ini tetap menjadi bagian dari budaya Indonesia yang kaya akan tradisi dan kepercayaan.

Weton Sakti

Dikutip dari intisarionline.com, weton adalah cara menghitung hari lahir seseorang berdasarkan kalender Jawa yang terdiri dari dua unsur, yaitu pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon) dan hari (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu). Weton digunakan untuk mengetahui karakter, sifat, jodoh, dan takdir seseorang.

Menurut kitab Primbon Jawa kuno, ada beberapa weton yang dianggap sebagai reinkarnasi atau titisan dari tokoh-tokoh sakti di tanah Jawa. Seperti Prabu Siliwangi, Sunan Gunung Jati, dan para wali.

Orang-orang yang lahir dengan weton reinkarnasi orang sakti ini konon memiliki kelebihan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kemampuan sebagai pemimpin.

Berikut ini adalah 5 weton reinkarnasi orang sakti di tanah Jawa beserta karakteristik dan keistimewaannya:

1. Jumat Kliwon

Weton ini adalah weton yang paling sakti karena dianggap sebagai reinkarnasi para wali Tanah Jawa.

 

Orang-orang yang lahir dengan weton ini memiliki sifat yang sangat baik, memiliki wawasan yang luas dan pandai berbicara. Mereka juga memiliki bakat sebagai pemimpin yang berwibawa dan disegani.

Keistimewaan lain dari weton ini adalah mudah mendapatkan rejeki dan kesuksesan.

2. Kamis Pahing

Weton ini adalah weton yang sangat cerdik dan pintar. Orang-orang yang lahir dengan weton ini memiliki semangat tinggi dan suka membantu orang lain.

Mereka juga memiliki bakat sebagai pengusaha atau pebisnis yang sukses. Keistimewaan lain dari weton ini adalah mudah mendapatkan simpati dan cinta dari orang lain.

3. Selasa Wage

Weton ini adalah weton yang sangat langka dan jarang ditemukan. Orang-orang yang lahir dengan weton ini memiliki sifat yang sangat sabar, jujur, adil, kritis dan mistis.

Mereka juga memiliki bakat sebagai peneliti atau ilmuwan yang berkontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Keistimewaan lain dari weton ini adalah mudah mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Tuhan.

4. Senin Pon

Weton ini adalah weton yang sangat beruntung dan berkah. Orang-orang yang lahir dengan weton ini memiliki sifat yang sangat ramah, sopan, rendah hati dan bersyukur.

Mereka juga memiliki bakat sebagai seniman atau budayawan yang menghasilkan karya-karya indah.

 

Keistimewaan lain dari weton ini adalah mudah mendapatkan kebahagiaan dan kedamaian hidup.

5. Rabu Kliwon

Weton ini adalah weton yang sangat kuat dan tangguh. Orang-orang yang lahir dengan weton ini memiliki sifat yang sangat berani, tegas, mandiri dan pantang menyerah.

Mereka juga memiliki bakat sebagai pejuang atau pahlawan yang membela kebenaran dan keadilan.

Keistimewaan lain dari weton ini adalah mudah mendapatkan kesehatan dan keselamatan.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan