Kesehatan

25 Manfaat Daun Pandan yang Bikin Takjub, Apa Saja?

f net

PANTAU DUMAI - Tumbuhan pandan memiliki peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, mulai dari kuliner hingga kerajinan belakangan diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. 

Tumbuhan ini berasal dari genus Pandanus, tanaman ini dikenal dengan daunnya yang panjang, lebar, dan beraroma khas. Berikut beberapa hal menarik tentang tumbuhan pandan:

Asal dan Penyebaran

Tumbuhan pandan berasal dari daerah tropis dan subtropis Asia dan Pasifik.

Penyebarannya luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Filipina, di mana pandan sering digunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Karakteristik

Pandan memiliki daun yang panjang dan sempit, biasanya berwarna hijau terang, dan tumbuh secara spiral dari batangnya.

Beberapa spesies pandan memiliki akar yang kuat dan dapat digunakan untuk mencegah erosi tanah di daerah pantai.

Bunganya jarang ditemukan dan hanya beberapa spesies yang berbunga.

Kegunaan

Kuliner

Daun pandan sering digunakan sebagai pewarna alami dan pemberi aroma pada makanan dan minuman. Aroma khasnya yang manis sering diibaratkan sebagai "vanila Asia".

Ekstrak pandan digunakan dalam berbagai hidangan, seperti kue, puding, jeli, dan bahkan nasi. Di Thailand, misalnya, pandan digunakan untuk membuat kue tradisional dan minuman segar.

Kerajinan

Daun pandan juga digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kerajinan, seperti tas, tikar, dan topi. Daunnya yang kuat dan fleksibel membuatnya cocok untuk dianyam.

Kesehatan dan Kecantikan

 

f net

dii beberapa kebudayaan, pandan dipercaya memiliki manfaat kesehatan, seperti meredakan nyeri, mengurangi demam, dan sebagai diuretik.

Ekstrak pandan juga digunakan dalam produk kecantikan, seperti sabun dan shampo, karena aroma alaminya yang menyegarkan.

Budidaya

Pandan mudah tumbuh di daerah tropis dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara membagi rumpun atau menggunakan biji.

Varietas

Terdapat banyak spesies dalam genus Pandanus, tetapi yang paling sering digunakan untuk keperluan kuliner dan kerajinan adalah Pandanus amaryllifolius.

Varietas lainnya mungkin memiliki kegunaan khusus di daerah tertentu, tergantung pada karakteristik fisik dan aroma daunnya.

Pandan tidak hanya penting secara ekonomi dan budaya tetapi juga memberikan kontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan, terutama di daerah pantai. Penggunaan dan pemanfaatan pandan yang beragam menjadikannya tanaman yang sangat dihargai di berbagai belahan dunia.

 25 Manfaat Bagi Kesehatan

  1.  
  • Mengobati Diare
  • Menurunkan Demam
  • Membantu Atasi Insomnia
  • Mengatasi Rambut Rontok
  • Menambah Nafsu Makan
  • Menurunkan Resiko Kanker
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Meringankan Rematik
  • Mengatasi Kram Perut
  • Mengobati Luka Bakar
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  • Mengurangi Rasa Nyeri
  • Mengatasi Batu Ginjal
  • Menghitamkan Rambut
  • Obat Sakit Kepala
  • Mengatasi Lemah Syawat
  • Mencegah Penyakit Jantung
  • Menangkal Radikal Bebas
  • Mengobati Panu
  • Cara Mengolah Daun Panda
  • Inklusi Bersama Bahan Masakan
  • Pembuatan Minuman Teh
  • Air Perasan
  • Efek Samping Daun Pandan
  • Kesimpulan
  • Referensi
  1.  

Mengutip www.bnp.jambiprov.go.id daun pandan adalah tanaman tropis yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki aroma khas yang sering dicampurkan ke dalam berbagai makanan dan minuman.

Meskipun demikian, tidak banyak yang menyadari bahwa daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Air rebusan daun pandan seringkali diabaikan dan dibuang begitu saja.

Namun sebenarnya, manfaat dari daun pandan sangat luar biasa. Apa saja khasiat yang dimilikinya bagi kesehatan tubuh? Mari kita lihat lebih detail di bawah ini.

Beriku penjelasan beragam manfaat daun pandan untuk kesehatan.

1.Mengobati Diare

Khasiat daun pandan terletak pada kandungan tanin di dalamnya yang memiliki sifat sebagai agen antidiare. Ini bisa membantu mengatasi masalah diare dengan cara sederhana, yakni dengan merebus beberapa lembar daun pandan dalam air, lalu mengonsumsi air rebusannya untuk meredakan gejala diare.

  1. Menurunkan Demam

Demam dapat menghampiri siapa pun, dari orang dewasa hingga anak-anak. Umumnya, demam merupakan isyarat bahwa tubuh sedang melawan infeksi. Pada saat demam, suhu tubuh akan naik, menyebabkan ketidaknyamanan. Salah satu cara untuk meredakan demam adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. Langkah ini akan membantu suhu tubuh perlahan kembali normal.

3.Membantu Atasi Insomnia

Menyantap minuman hangat di malam hari memiliki potensi untuk merilekskan tubuh dan memudahkan proses tertidur. Bagi Anda yang enggan mengonsumsi susu hangat karena merasa kenyang, air rebusan daun pandan bisa menjadi alternatif yang menarik.

Cobalah tarik napas dalam aroma yang terpancar, kemudian nikmati setiap tegukan teh pandan secara perlahan. Dijamin, perasaan tenang akan menghampiri Anda dan bahkan dapat meredakan gejala insomnia.

4.Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat daun pandan meliputi kemampuannya dalam mengatasi permasalahan rambut rontok. Salah satu cara penerapannya adalah dengan memanfaatkan air rebusan daun pandan sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Nutrisi yang terkandung dalam daun pandan mampu memperkuat akar rambut dan menghindari kerontokan yang berlebihan.

5.Menambah Nafsu Makan

Agar nafsu makan kembali membaik, buatlah secangkir teh rebusan daun pandan yang harum. Caranya, rebuslah daun pandan dengan air. Setelah mendidih, tuangkan air rebusan daun pandan ke dalam gelas, lalu tambahkan madu atau gula sesuai selera. Nikmatnya teh pandan hangat ini akan segera merangsang nafsu makan Anda. Selain meningkatkan nafsu makan, aroma menggoda dari teh rebusan daun pandan juga bisa dinikmati.

6.Menurunkan Resiko Kanker

Dalam konteks pengobatan tradisional, penggunaan daun pandan memang dikaitkan dengan upaya pencegahan pertumbuhan sel kanker.

Namun, penting untuk diingat bahwa kanker adalah hasil dari berbagai faktor (multifaktorial), sehingga pengobatannya sebaiknya diimbangi dengan nasihat dari dokter dan pelaksanaan gaya hidup yang sehat.

7.Menjaga Kesehatan Mata

Kegunaan daun pandan bagi kesehatan mata adalah karena kandungan Vitamin A di dalamnya. Vitamin A memiliki peran penting dalam merawat kesehatan mata. Fungsinya meliputi menjaga kualitas penglihatan, mencegah mata kering, serta mengurangi risiko gangguan mata seperti degenerasi makula.

8.Meringankan Rematik

Pilihlah dua atau tiga lembar daun pandan segar, kemudian bersihkan dan iris menjadi potongan kecil. Panaskan setengah cangkir minyak kelapa dan rendam potongan daun pandan di dalamnya. Aduk hingga tercampur merata, dan setelah mendingin, minyak tersebut siap digunakan sebagai obat gosok pada area tubuh yang mengalami ketidaknyamanan.

9.Mengatasi Kram Perut

Rasa tidak nyaman pada perut, terutama saat menstruasi, memang bisa mengganggu. Namun, jangan khawatir, keluhan tersebut bisa diatasi dengan minum teh daun pandan. Air rebusan daun pandan yang diminum dalam keadaan hangat dapat membantu meredakan kondisi perut yang tidak nyaman.

10. Mengobati Luka Bakar

Tidak hanya itu, daun pandan juga memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Kita dapat mengoleskan ekstrak atau jus segar dari daun pandan pada area yang terbakar, hal ini membantu mengurangi peradangan serta mencegah kemungkinan infeksi.

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan menggunakan daun pandan. Langkahnya sangat sederhana. Anda hanya perlu merebus dua lembar daun pandan dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas. Minumlah ramuan ini dua kali sehari sampai tekanan darah Anda kembali normal.

12.Mengurangi Rasa Nyeri

Jika Anda berkeinginan mengurangi sensasi nyeri pada kepala atau persendian, minum air rebusan pandan diyakini memiliki potensi untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut.

Namun, penting untuk tetap mengidentifikasi akar penyebab dari rasa nyeri. Perlu diingat, meredakan rasa nyeri tidak selalu mengartikan penyakitnya sembuh sepenuhnya (kemungkinan kambuh dapat terjadi).

13.Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat lain dari daun pandan adalah kemampuannya dalam merangsang produksi urine dan mendukung kebersihan saluran kemih. Ini dapat berkontribusi dalam penanganan masalah batu ginjal serta pencegahan terbentuknya batu ginjal baru.

 

14.Menghitamkan Rambut

Rambut yang berkilau hitam adalah dambaan banyak wanita. Daun pandan dapat membantu mencapai hal ini. Siapkan 7 lembar daun pandan, cuci bersih, dan potong menjadi potongan kecil. Rebus dengan 1 liter air hingga air berubah menjadi warna hijau. Biarkan air rebusan meresap semalaman. Pada keesokan harinya, campurkan air rebusan daun pandan dengan perasan dari 3 buah buah mengkudu yang sudah matang. Gunakan campuran ini saat keramas. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu dan perhatikan hasilnya.

 

 

f net

15. Obat Sakit Kepala

Manfaat lain dari daun pandan adalah kemampuannya mengandung senyawa analgesik atau pereda nyeri, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Anda dapat merebus beberapa helai daun pandan dengan air, lalu mengonsumsi air rebusannya sebagai cara alami untuk meredakan sakit kepala ringan.

16. Mengatasi Lemah Syawat

Tidak hanya berperan sebagai penawar lemah saraf, pandan wangi juga terbukti memiliki manfaat dalam mengatasi masalah lemah syahwat pada pria. Siapkan 3 lembar daun pandan wangi, bersihkan dan potong menjadi bagian kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga jumlahnya berkurang menjadi 2 gelas. Konsumsi ramuan ini dua kali sehari, satu gelas pada pagi dan satu gelas lagi pada sore hari. Lakukan rutin sesuai jadwal.

17.Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu manfaat utama dari daun pandan adalah pencegahan penyakit jantung. Kandungan flavonoid dan polifenol dalam daun pandan memiliki sifat antioksidan yang berfungsi melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Lebih dari itu, daun pandan juga memiliki potensi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

18.Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat dari mengonsumsi air rebusan pandan adalah kemampuannya untuk menjaga organ-organ tubuh, khususnya hati, dari dampak radikal bebas.

Penting untuk diingat bahwa kelebihan radikal bebas dalam tubuh dapat berkontribusi pada munculnya berbagai penyakit kronis.

19.Mengobati Panu

Tak hanya merusak penampilan, panu juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman karena gatal. Solusi untuk mengatasi panu adalah dengan mengolah daun pandan terlebih dahulu. Peras airnya, kemudian tambahkan garam secukupnya. Konsumsi campuran ini sekali sehari selama tiga hari.

Nah mengutip kompas.com, bderikut 5 manfaat Tanaman pandan merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia. Daun pandan mempunyai ciri khas berupa aroma yang wangi dan sering dijadikan sebagai pewarna makanan alami. Selain untuk bahan makanan, daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami.

Berbagai manfaat dapat dirasakan tubuh dengan meminum air rebusan daun pandan secara rutin. Lalu, apa saja manfaat minum air rebusan daun pandan? 

Apa Saja Manfaatnya? Khasiat air rebusan daun pandan 1. Mengontrol kadar gula darah 

Sebuah penelitian menguji 30 orang dewasa yang minum air rebusan daun pandan dengan takaran 75 gram. Kelompok yang meminum air rebusan daun pandan mempunyai kadar gula darah yang lebih baik dibanding kelompok yang hanya minum air panas, dikutip dari Healthline. Kadar gula darah yang stabil dapat membantu tubuh untuk mencegah penyakit diabetes. 

2. Meredakan nyeri sendi

Di dalam pengobatan tradisional, pandan dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk meredakan nyeri sendi, dilansir dari WebMD. Para peneliti menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia yang diketahui dapat meredakan gejala radang sendi. 

Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga. Baca juga: 9 Daun untuk Menurunkan Kolesterol, Termasuk Kelor dan Pandan 

  1. Mengontrol tekanan darah 

Dikutip dari Medicine, air rebusan daun pandan dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh Selain itu, minuman ini dapat mengurangi gejala pusing dan mencegah stroke yang biasanya dialami penderita tekanan darah tinggi 

Untuk memanfaatkannya, cobalah untuk menambahkan pandan ke menu sehari-hari atau minum air rebusannya. 

  1. Mengurangi stres 

Ketika dikonsumsi, air rebusan daun pandan akan memberikan efek menenangkan pikiran. Dengan pikiran yang tenang, stres dan kecemasan di dalam tubuh perlahan akan berkurang. Ketika ingin memanfaatkannya, cobalah seduh beberapa iris daun pandan. Setelah itu duduklah bersantai sambil menikmati minuman ini. Baca juga: 5 Manfaat Daun Pandan, Atasi Nyeri Sendi hingga Gula Darah Tinggi 

  1. Menyehatkan sistem pernapasan 

Daun pandan mempunyai sifat ekspektoran yang berfungsi untuk membersihkan dahak dan sekresi lain di dalam hidung dan paru-paru. Selain itu, tanaman ini dapat menyembuhkan flu secara instan, menyembuhkan demam dan meningkatkan kesehatan pernapasan, serta fungsi paru-paru. 

Bahan alami ini mengandung sifat antipiretik dan antivirus yang berguna untuk menyembuhkan alergi musiman dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Selain 24 manfaat diatas mengutip www. serambinews.com ternyata siapa sangka menambahkan daun pandan saat masak nasi ternyata simpan manfaat baik untuk kesehatan 

Tahukah anda jika menambahkan daun pandan saat memasak nasi punya segudang manfaat? Daun pandan sering kita temukan sehari-hari.

Daun pandan biasa digunakan untuk memberikan aroma sedap pada masakan.

Namun, apakah anda sering menambahkan daun pandan saat masak nasi?

Ternyata menambahkan daun pandan saat masak nasi dikenal untuk membuat nasi jadi lebih wangi dan pulen.

Dengan begitu nasi pun jadi lebih nikmat untuk disantap.

Tapi ternyata tidak hanya itu lho manfaatnya.

Daun pandan memang terkenal sebagai bahan alami yang dapat memberikan aroma sedap pada masakan.

Selain itu, daun pandan juga banyak digunakan sebagai pewarna hijau alami.

Siapa sangka, jika kita sering menyertakan daun pandan dalam masakan sehari-hari, ada manfaat kesehatan juga yang akan kita dapat.

Manfaat Daun Pandan

Ketika kita memasak nasi menggunakan daun pandan ada banyak manfaat yang akan dirasakan.

Ada banyak studi dan penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat lain dari daun pandan jika ditambahkan sata memasak nasi.

Seorang peneliti menemukan ada senyawa dalam daun pandan yang bisa menurunkan masalah tekanan darah tinggi.

Ketika senyawa tersebut larut dalam air di suhu tinggi dan meresap ke dalam nasi saat dimasak, senyawa itu secara otomatis akan masuk ke tubuh ketika kita konsumsi. Apalagi jika ini dikonsumsi setiap hari secara rutin.

Risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti stres, obesitas, makanan, usia, dan gaya hidup bisa ditekan.

Manfaat ini sama dengan ketika anda menggunakan 3 gram daun pandan dan merebusnya hingga menyusut jadi 1 gelas lalu meminumnya.

Dalam penelitian lain yang dilakukan oleh Raj et al (2014) menunjukkan bahwa ekstrak air akar dan daun pandan memiliki efek apoptosis, sitotoksik, antimitotik, dan antiproliferatif.

Semua senyawa itu merupakan obat herbal anti kanker yang ampuh untuk melawan racun yang menyebab timbulnya kanker.

Inilah yang juga akan bisa anda dan keluarga dapatkan jika memanfaatkan daun pandan untuk berbagai masakan.

Anda hanya perlu menyiapkan 1 lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih.

Lalu potong menjadi 2 bagian dan ikat seperti hendak membentuk simpul.

Setelahnya, masukkan daun lembar tersebut ke dalam beras yang sudah diisi air dan siap dimasak.

Masak nasi seperti biasa.

Menggunakan rice cooker pun tidak apa-apa, karena anda akan tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

Cara Mengolah Daun Panda

Berikut ini beberapa cara mengolah daun pandan.

Inklusi Bersama Bahan Masakan

Daun pandan bisa diinklusi secara langsung ke dalam panci nasi atau direbus bersama bahan masakan, lalu dimasak hingga aroma dan rasa daunnya tercampur dengan makanan. Secara umum, daun pandan segar kerap dimanfaatkan untuk menambahkan citarasa pada saus kari, baik dalam hidangan masakan Thailand maupun Malaysia.

Pembuatan Minuman Teh

Cara lain yang bisa diterapkan adalah merebus daun pandan dalam air mendidih untuk menghasilkan teh. Agar lebih beragam dalam rasa, bisa ditambahkan lemon atau madu.

Air Perasan

Daun Pemanfaatan daun pandan untuk membuat ekstrak air perasan juga dikenal luas. Caranya adalah dengan menghancurkan daun halus lalu mencampurnya dengan air menggunakan food processor.

Efek Samping Daun Pandan

Dampak yang mungkin timbul karena mengonsumsi pandan belum dijelajahi secara menyeluruh. Walau demikian, daun pandan kemungkinan memiliki sifat pencahar ringan yang berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare apabila dikonsumsi dalam jumlah besar. Meskipun begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal ini.

Kesimpulan

Daun pandan memiliki beragam manfaat kesehatan yang signifikan. Selain mampu meredakan masalah seperti rambut rontok, nyeri kepala, dan lemah syahwat, daun pandan juga membawa kebaikan untuk organ-organ vital seperti jantung dan hati. Dengan sifat antioksidan yang dimilikinya, daun pandan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Oleh karena itu, pemanfaatan daun pandan dalam berbagai bentuk dapat menjadi tambahan yang berharga untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kita.

Referensi

Febriyeni, F., & Delfina, V. (2021). Pengaruh Pemberian Minuman Jahe Dan Daun Pandan Terhadap Frekuensi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(1), 49-57.

Tasia, W. R. N., & Widyaningsih, T. D. (2014). JURNAL REVIEW: POTENSI CINCAU HITAM (Mesona palustris Bl.), DAUN PANDAN (Pandanus amaryllifolius) DAN KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) SEBAGAI BAHAN BAKU MINUMAN HERBAL FUNGSIONAL [IN PRESS OKTOBER 2014]. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2(4), 128-136.

Kasih, D. O. A. P., & Handayani, Y. S. (2022). Lip Balm Daun Kelor Dan Daun Pandan Mengatasi Bibir Kering. Garina, 14(1), 76-92.

Aqib, H., Listiana, L., & Daesusi, I. R. (2015). Pengaruh Pemberian Perasan Daun Pandan Wangi (Pandanus ammaryllifolius) Terhadap Kadar Glukosa Darah Mencit dan Penerapannya Pada Praktikum Fisiologi Hewan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya).

https://faperta.umsu.ac.id/2023/07/08/12-manfaat-daun-pandan-untuk-kesehatan.

Dengan beragam manfaat tidak ada salahnya kamu mencoba manfaat daun pandan, iya kan? ***

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan