NATUNA

VIRAL Baru Masuk Pertamina 2 Tahun Keponakan Jokowi Langsung Jadi Manajer Berikut Gaji dan Profil

FOTO Ist/okezone.com Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Jokowi diangkat menjadi manajer di Pertamina.

PANTAU JAKARTA- Dunia maya ramai dan viral gegara keponakan Joko Widodo yang konon baru masuk kerja di PT Pertamina (Persero) dua tahun konon katanya langsung menjadi manajer. 

Nah sebelum mengupasnya tidak ada salahnya mengetahui apa itu manajer, ya manajer  adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan aktivitas dalam sebuah organisasi atau tim. 

Mereka memainkan peran penting dalam memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien. Seorang manajer harus mampu membuat keputusan strategis, memotivasi tim, dan memastikan bahwa setiap anggota tim bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka.

Tanggung Jawab Manajer

 

    Perencanaan: Manajer harus merencanakan strategi dan menentukan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang untuk organisasi atau tim.

    Pengorganisasian: Manajer mengatur sumber daya, baik itu manusia, finansial, maupun material, agar semua elemen tersebut dapat berfungsi secara sinergis.

    Pemimpinan: Memimpin tim dengan memberikan arahan yang jelas, menginspirasi, dan memotivasi anggota tim untuk mencapai target.

    Pengendalian: Mengawasi kinerja tim dan memastikan bahwa semua berjalan sesuai dengan rencana. Ini termasuk mengevaluasi hasil dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Manajer

    Komunikasi: Manajer harus mampu berkomunikasi dengan efektif, baik secara lisan maupun tulisan, untuk memberikan instruksi, feedback, dan membangun hubungan yang baik dengan anggota tim.

    Kepemimpinan: Keterampilan untuk memimpin, mengarahkan, dan menginspirasi tim agar dapat mencapai tujuan organisasi.

    Pemecahan Masalah: Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dengan cepat dan menemukan solusi yang efektif.

    Pengambilan Keputusan: Manajer harus mampu membuat keputusan yang tepat berdasarkan analisis situasi dan data yang ada.

    Manajemen Waktu: Mengatur waktu dengan baik untuk memastikan bahwa semua tugas dan proyek selesai tepat waktu.

    Pengetahuan Teknis: Dalam beberapa bidang, pengetahuan teknis yang mendalam diperlukan untuk memahami operasi dan tantangan yang dihadapi tim.

Jenis-jenis Manajer

    Manajer Lini Pertama: Mengawasi pekerja operasional dan bertanggung jawab atas produksi harian.

    Manajer Menengah: Mengelola manajer lini pertama dan mengawasi implementasi strategi yang ditetapkan oleh manajemen puncak.

    Manajer Puncak: Membuat keputusan strategis jangka panjang dan bertanggung jawab atas keseluruhan arah organisasi.

Ya peran manajer sangat vital dalam sebuah organisasi. Keberhasilan manajer dalam menjalankan tugas-tugas mereka sangat bergantung pada kemampuan mereka dalam mengelola sumber daya, memimpin tim, dan membuat keputusan yang tepat. Keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah adalah beberapa keterampilan kunci yang harus dimiliki oleh seorang manajer untuk mencapai keberhasilan organisasi.

Baru Dua  Tahun

Sementara itu mengutip okezone.com bahwa Bagaskara Ikhlasulla Arif, keponakan Presiden Jokowi resmi diangkat sebagai Manager Non Government Relations di PT Pertamina (Persero). Jabatan baru tersebut diemban sejak Maret 2024 lalu. Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyebut, Bagaskara mulai berkarir di Pertamina sejak 2021. Dua tahun bekerja, karier Bagaskara langsung melejit menduduki posisi strategis menjadi manajer di Pertamina. 

Fadjar yang pernah bekerja di Istana Kepresidenan ini mengklaim, keponakan Jokowi bukan masuk jalur khusus melainkan jalur profesional. Menurutnya Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensi kandidat.

 "Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional. Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," ujar dia saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024). 

Pada 2022 lalu, Bagaskara Ikhlasulla Arif pernah menjabat posisi Pjs Manager Government Relation Pertamina. Namun, tak ada keterangan resmi kapan berakhirnya jabatan tersebut. 

Kemudian, pada 5 Juni kemarin Bagaskara mengumumkan posisi barunya sebagai Manager Non Government Relation Pertamina. Hal itu disampaikan di akun LinkedIn pribadi. 

"I'm happy to share that I'm starting a new position as Manager Non Government Relation at PT Pertamina (Persero)," tulis Bagaskara dikutip Kamis. 

Untuk diketahui, sosok Bagaskara adalah putra dari Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati. Titik merupakan adik bungsu Jokowi.

Lewat Orang Dalem atau Profesional?

Dibagian lain mengutip liputan6.com PT Pertamina (Persero) membenarkan kabar yang menyebutkan bahwa Bagaskara Ikhlasulla Arif selaku saudara Presiden Joko Widodo atau keponakan Jokowi, memperoleh jabatan sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). 

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan, Bagaskara Ikhlasulla Arif diangkat sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero) melalui jalur profesional.

"Benar per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional," kata Fadjar saat dihubungi Merdeka.com di Jakarta, Kamis (6/6/2024)

Fadjar menyebut, bahwa Pertamina secara rutin membuka rekrutmen bagi calon tenaga kerja berpengalaman. Rekrutmen jalur profesional ini akan memprioritaskan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan Perseroan.

"Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," urainya.

Sebelumnya, tulisan Bagaskara di akun LinkedIn menjadi viral. Ini setelah keponakan Presiden Jokowi tersebut menuliskan pesan atas jabatan baru di Pertamina. 

"I’m happy to share that I’m starting a new position as Manager Non Government Relation at PT Pertamina (Persero)!," tulis Bagaskara.

Dalam akun LinkedIn, Bagaskara pernah menduduki posisi Asisten Manajer di PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI pada November sampai hingga Oktober 2021 lalu.

Akan tetapi, profil Bagaskara di LinkedIn kini sudah tidak tersedia.

Berapa Gaji Manajer di Pertamina?

Jabatan/Posisi Manager 

Ada berbagai tingkatan Manager di Pertamina, seperti Manager Operasional, Manager Keuangan, Manager Marketing, dan lain-lain. Tiap tingkatan memiliki gaji yang berbeda.

Lokasi Kerja

Gaji Manager di Pertamina di kota besar seperti Jakarta, biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan gaji Manager di daerah lain.

Pengalaman dan Kompetensi

Manager dengan pengalaman dan kompetensi yang lebih tinggi, umumnya mendapatkan gaji yang lebih besar.

Kinerja

Kinerja Manager yang dinilai baik, biasanya mendapatkan bonus dan tunjangan yang meningkatkan gaji total.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kisar

 

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kisaran gaji Manager di Pertamina adalah:

Manager: Rp 15 juta - Rp 21,1 juta per bulan

Field Manager: Rp 20 juta per bulan

PT Pertamina Milik Siapa?

Pertamina adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sehingga pemerintah Indonesia-lah yang memilikinya.

Secara lebih jelasnya, 100% saham Pertamina dimiliki oleh pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Sebagai BUMN, Menteri BUMN bertindak sebagai Kuasa Pemegang Saham dan memiliki kewenangan untuk menunjuk Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina.

Pemilihan Dewan Komisaris dan Direksi didasarkan pada kompetensi dan prestasi, serta diatur dalam Anggaran Dasar PT Pertamina (Persero) dan arahan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Biodata

Berikut ini biodata Bagaskara Ikhlasulla Arif dikutip dari tribunnewsbogor.comyang tengah ramai diperbincangkan karena mendapat jabatan baru di PT Pertamina.

Di media sosial X (Twitter), sosok Bagaskara Ikhlasulla Arif tengah jadi sorotan lantaran jabatannya sebagai manajer di BUMN yang utamanya bergerak di bidang minyak dan gas tersebut. 

Kabarnya, Bagaskara Ikhlasulla Arif baru saja ditunjuk sebagai Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero).

Adapun TribunnewsBogor.com sudah mencoba untuk mengulik akun LinkedIn milik Bagaskara Ikhlasulla Arif, Namun, akun tersebut tampaknya sudah dihapus.

Lantas, siapa sebenarnya pria yang akrab disapa Bagas ini?

Bagaskara Ikhlasulla Arif merupakan anak dari pasangan Arif Budi Sulistyo dan Titik Relawati. 

Diketahui, ibunda Bagaskara Ikhlasulla Arif, Titik Relawati, adalah adik bungsu Presiden Joko Widodo.

Sehingga, Bagaskara adalah sepupu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

BIODATA Bagaskara Ikhlasulla Arif

Nama lengkap: Bagaskara Ikhlasulla Arif 

Pendidikan:

SMA Negeri 4 Surakarta

Jurusan Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada

Pernah Bekerja di Bank BRI

Setelah lulus kuliah, Bagaskara Ikhlasulla Arif sempat bekerja di Bank BRI.

Selama mengabdi 10 tahun di BRI, Bagaskara Ikhlasulla Arif pernah mengemban amanah sebagai Vice President Government Relation and CSR.

Setelahnya, ia pun kemudian bekerja di PT Pertamina.

Tahun 2001, Bagaskara Ikhlasulla Arif pernah ditunjuk sebagai Senior Expert Government Relation.

Kini, ia pun diberi amanah untuk jabatan Manager Non-Government Relations di PT Pertamina (Persero). 

Menikah Tahun 2022

Pada tahun 2022, Bagaskara Ikhlasulla Arif menikah dengan pujaan hatinya bernama Ima Qoyyimah.

Resepsi pernikahan digelar di gedung Graha Saba Buana, Solo pada Sabtu (12/3/2022). 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga turut hadir menjadi saksi akad nikah keduanya.

Sementara itu, Andriani Budi Sholiha (42), pihak keluarga dari Bagas mengatakan, Bagaskara dan Ima bekerja di perusahaan BUMN.  Bagas banyak berada di Jakarta, sementara Ima bekerja di Solo.

"Kalau Bagas itu sehari-hari kerja di Jakarta, sebagai pegawai Pertamina di Jakarta dan tinggal di sana. Sedangkan, Ima itu kerja di bank BUMN, tugasnya di Solo," sambungnya.

 

Menurut Andriani, kemungkinan Ima akan tinggal di Jakarta mengikuti Bagaskara yang bekerja disana.

Solo dipilih menjadi tempat pelaksanaan akad nikah sekaligus resepsi karena keduanya merupakan warga Solo. 

Selain itu, Andriani menceritakan bahwa pasangan tersebut telah saling mengenal sejak sekitar 1 tahun sebelum melangsungkan pernikahan. 

"Kalau keduanya menjalin hubungan sekitar 1 sampai 2 tahun ini," ungkapnya.

Menurutnya, akad nikah berlangsung lancar, proses Ijab Kabul selesai dalam satu kali tarikan napas.

Andriani menjelaskan, acara tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo, sehingga pengamanan cukup ketat. 

Orang nomor satu RI tersebut hadir di lokasi dari pukul 05.30 WIB. 

"Tadi pemeriksaan standar protokol kepresidenan," jelasnya.

"Tadi sebelum masuk, semua tamu wajib lewat metal detektor dulu, wajar karena Presiden yang hadir," sambungnya.

Selain keluarga besar yang hadir dalam acara pernikahan tersebut, dirinya melihat ada banyak tokoh politik yang hadir.

"Tadi banyak tokoh politik yang hadir, tapi saya enggak bisa jelas melihat. Karena Paspampres enggak boleh melihat sambil berdiri saat kita udah di dalam," kata dia. 

"Tapi yang saya ingat ada Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar," pungkasnya.***




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan