Artikel

Bijak Dalam Bermedia Sosial

(oleh : Fahira Sintiana, Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
 

APA ITU MEDIA SOSIAL? Media sosial adalah sarana komunikasi dan pemasaran di mana orangdapat berbagi pemikiran, ide, dan pengalaman mereka dengan orang lain. Ini adalahbentuk media elektronik yang memungkinkan orang membuat konten dan membagikannya kepada publik.

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Memungkinkan kita untuk tetap terhubung dengan teman dan anggota keluarga yang jauh dari kita. Ini juga membantu kita terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kita.

Selain itu, media sosial juga membantu kita untuk mempromosikan bisnis atau merek kita dengan cara yang efektif karena menyediakan platform bagi bisnis untuk menjangkau target audiens dengan mudah tanpa harus menghabiskan terlalu banyak uang untuk kampanye iklan.

Sejumlah besar orang menggunakan media sosial setiap hari sehingga memudahkan bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka melalui platform ini dengan mudah tanpa mengalami kesulitan apa pun. 

Media sosial adalah platform yang memungkinkan kamu terhubung dengan orang dan bisnis lain. Tujuan media sosial adalah untuk membantu kamu menemukan hal-hal yang kamu minati, membagikan pemikiran dan ide kamu dengan orang lain, dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di dunia sekitar kamu.

Media sosial dapat digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain,Berbagi informasi tentang diri atau bisnis kamu dengan orang lain,Menciptakan koneksi antara orang-orang yang memiliki minat yang sama,Membantu orang menemukan bisnis lokal dan sumber daya lainnya,Memberi akses informasi tentang peristiwa yang terjadi di dekat tempat tinggal atau di seluruh dunia. 

Dengan adanya manfaat dari media sosial tersebut, seharusnya kita sebagai pengguna harus menggunakan media sosial dengan bijak.

 Saat sekarang ini sering sekali kita membuang buang waktu untuk hal-hal yang tidak menguntungkan  .  Contohnya saja scroll tiktok yang kita lakukan tanpa kita sadari 24 jam dalam sehari nya. Terkadang sampai lupa melakukan hal-hal yang penting, seperti beribadah, mengerjakan tugas, mandi, bahkan sampai makan sekalipun kita lupa. 

Maka dari itu kita memerlukan detoxs media sosial,  dan memanage waktu kita sebaik mungkin, dan memfilter tontonan kita dengan tontonan yang lebih bermanfaat. Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mendetox media penggunaan media sosial adalah, Tentukan durasi waktu untuk melakukan detoks media sosial, misalnya 1–2 bulan. 

Hapus aplikasi media sosial dari ponsel atau gadget selama kamu melakukan detoks sosmed.Lakukan berbagai kegiatan positif untuk mengisi waktu tanpa media sosial.

seperti berolahraga, membaca buku, berlibur, meditasi, atau mencoba hobi baru.Buat alarm untuk batasi waktu akses sosmed. Memang sulit bahkan sangat sulit dilakukan untuk beberapa orang yang sudah benar-benar kecanduan dengan media sosial ini, karena kita akan merasa “kehilangan” atas kebiasaaan yang kita lakukan, dan ada juga yang berpendapat kita ingin mendetox penggunaan media sosial, kita perlu banyak melakukan aktifitas diluar rumah guna untuk mengurangi penggunaan gadjed. 

Melakukan olahraga pagi, membersihkan rumah, mengikuti organisasi. Nanti dengan sendirinya kita dapat sedikit demi sedikit menggurangi kecanduan kita terhpad media sosial.
 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan