DUMAI

Pansus C DPRD Kota Dumai bersama BPBD Kota Dumai melakukan kunjungan ke OTDA Jakarta

PANTAU JAKARTA - Pansus C DPRD Kota Dumai bersama BPBD Kota Dumai melakukan kunjungan koordinasi ke Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI untuk membahas Ranperda Penanggulangan Banjir. Pertemuan ini berlangsung di Ruang Pertemuan OTDA, Gedung H, Kamis (27/06/2024).

Pertemuan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Dumai, H. Suprianto, S.H., didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Dumai, Mawardi, dan H. Johannes M.P Tetelepta, S.H., M.M., selaku Ketua Pansus C DPRD Kota Dumai. Mereka disambut oleh Raja Parningotan Siantury, S.IP, M.H., selaku Analis Hukum Direktorat Produk Hukum Daerah, Ditjen OTDA Kemendagri RI.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Dumai, H. Suprianto, menjelaskan kondisi Kota Dumai yang kerap dilanda banjir. Ia memaparkan berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota melalui visi dan misi Wali Kota Dumai untuk menangani banjir, seperti normalisasi sungai, perbaikan drainase, pembuatan tanggul, pembangunan rumah pompa dan pintu air di bibir sungai, serta peninggian badan jalan.

H. Johannes M.P Tetelepta menegaskan pentingnya perbaikan paradigma dalam penanggulangan bencana. Ia berharap dengan adanya otonomi daerah, penanggulangan banjir bisa menjadi kewenangan daerah yang otonom, terutama di Kota Dumai yang memiliki daerah pesisir. Hal ini penting agar regulasi dan kebijakan yang dibuat tidak berbenturan dengan kewenangan pusat dan provinsi.

Raja Parningotan Siantury menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu dimasukkan sebagai landasan yuridis formal, seperti UU 24 Tahun 2007 dan PP 21 Tahun 2008. Selain itu, beberapa dasar hukum perlu disesuaikan dengan yang baru terkait hubungan keuangan daerah, rencana dokumen perencanaan, RTRW, dan RDTR.

Dalam waktu dekat, substansi Ranperda yang sedang disusun akan dimaksimalkan untuk melibatkan masyarakat dalam pencegahan, penanggulangan, dan pasca banjir.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh anggota Pansus C DPRD Kota Dumai lainnya, Hj. Haslinar, S.Sos, M.Si, Roni Ganda Bakara, Andi Putra Silitonga, Anhar Rizki Siregar, Mara Hamdan Harahap, serta staf pansus lainnya. Turut hadir Kalaksa BPBD Kota Dumai, Irawan Sukma, beserta Kabid PK BPBD Kota Dumai dan staff.(ADV)

 




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan