Nasional

Pesawat Amerika Pantau Pergerakan Demo 4 Nopember

PANTAU RIAU.COM-Sudah hampir empat hari, sejak Senin (31/10), TNI Angkatan Udara (AU) Republik Indonesia (RI) latihan gabungan (Latgab) bersama tentara Amerika Serikat. Latihan militer ini, dilangsungkan di Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, tepatnya di apron Bandara Sam Ratulangi. Skadron yang terlibat dari TNI AU yaitu Skadron Udara 3 Wing 3 Lanud Iswahjudi dan Korps Marinir AS.

Pesawat tempur berteknologi canggih digunakan kedua angkatan bersenjata tersebut. Ada 6 pesawat F-16 milik TNI AU dan 6 pesawat F-18 Hornet Skadron 3 VMFA (Aw). Pesawat SAR, 1 Helly Super Puma dengan Tim SAR 6 personel dari Yonko 466 Paskhas. Juga pesawat dukungan C-130 Hercules dan C-17 Globe Master. Melibatkan 250 personel TNI AU dan 225 personel dari tentara negeri Paman Sam. Hingga 11 November, masyarakat Bumi Nyiur Melambai akan menyaksikan pesawat-pesawat tempur, lalu lalang di seputaran langit Sulut.

Namun, menurut informasi yang didapat Manado Post (Jawa Post Group), Amerika sengaja memilih Sulawesi Utara, sebagai lokasi melaksanakan latihan militer, tidak lain untuk memantau aksi demo 4 November di  Jakarta. 

Pasalnya, muncul dugaan adanya gerakan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), yang coba-coba ‘bermain’ di balik demo besar menuntut Petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, diadili karena diduga melakukan penistaan agama.

Namun, menurut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar Marsekal Pertama TNI Nanang Santoso mewakili Asisten Operasi Kasau, Latgab dengan sandi operasi ‘Cope West’, merupakan kesempatan untuk meningkatkan persahabatan dan kerjasama Indonesia-Amerika. 

“Pada Cope West 2016 ini, setelah beberapa tahun lamanya, kita kembali melaksanakan latihan dengan keterlibatan pesawat tempur kedua bela pihak. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik antara kedua negara,” ungkap Santoso.(jawapos)

Editor hendri




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan