Peristiwa

Airbus dan PT DI Peringati 40 Tahun Kerja Sama di Indonesia

PANTAU RIAU.COM-JAKARTA,Airbus Group dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) memperingati 40 tahun terjalinnya kemitraan antara kedua belah pihak.

Peringatan kerja sama 40 tahun antara keduanya dilakukan di sela gelaran pameran industri pertahanan, Indodefence 2016 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Hadir dalam acara peringatan tersebut adalah Menteri BUMN, Rini Soemarno. Dalam sambutannya, Rini mengatakan  rasa terima kasihnya kepada Airbus, karena menjadi mitra terpercaya.

“Mewakili pemerintah Indonesia, saya menyampaikan terima kasih kepada Airbus Group atas kerja sama selama 40 tahun terakhir. Airbus Group telah menjadi mitra yang terpercaya bagi Indonesia, bahkan pada saat-saat tersulit sekalipun," kata Rini.

Airbus Group, memberikan Indonesia kesempatan untuk memasok komponen pesawat superjumbo A380. Hal itu menurut Rini merupakan dukungan kuat bagi Indonesia, PT DI, dan para insinyur untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang dirgantara.

Sementara itu, Presiden Direktur PT DI, Budi Santoso mengatakan, Airbus Group telah menjadi mitra yang amat baik dan terpercaya bagi Indonesia. "Baik itu pada saat pasang maupun surut kami," kata dia.

"Ketika PT DI tengah menghadapi situasi sulit sekitar 20 tahun lalu, Airbus Group merupakan mitra kami satu-satunya yang tetap mendukung dan bahkan membantu kami melewati masa sulit tersebut," lanjut Budi.

Indonesia merupakan pasar yang teramat penting bagi Airbus Group. Begitu pula sebaliknya, Airbus Group merupakan mitra internasional terbesar bagi industri kedirgantaraan Indonesia.

Komponen pesawat buatan Indonesia dapat ditemui pada hampir semua program pesawat unggulan Airbus, dan kerja sama ini diklaim telah membantu Indonesia membuka lebih dari 600 lapangan pekerjaan berkualifikasi tinggi di bidang kedirgantaraan dan industri terkait lainnya.

Airbus Group memiliki kemitraan erat yang telah dijalin selama puluhan tahun dengan PT DI. Antara lain, melalui kolaborasi dalam program pesawat turboprop NC212, CN235, dan CN295.

PT DI juga telah sukses memproduksi helikopter N-BO105, N-SA330 Puma dan N-AS332 Super Puma dengan lisensi dari Airbus, serta memasok komponen fuselage dan tail booms untuk helikopter H225/H225M dari fasilitasnya di Bandung, Jawa Barat.(kompas)

editor hendri




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan