Eksbis

Akhir Tahun 2016 Bank Indonesia Kucurkan Uang Rupiah Gambar Pahlawan

PANTAU RIAU.COM JAKARTA-Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang rupiah desain baru, baik kertas dan logam di Desember 2016. Rupiah berdesain baru ini sejalan dengan rencana BI menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Uang NKRI ini adalah uang yang ditandatangani oleh Gubernur BI dan Menteri Keuangan (Menkeu). Selama ini uang rupiah yang beredar hanya ditandatangani oleh Gubernur BI.

"Desember mudah-mudahan kita launching," ungkap Deputi Gubernur BI, Ronald Waas, di Gedung Thamrin Bank Indonesia, Senin(14/11/2016).

Ronald menyatakan, peredaran uang baru tersebut nantinya akan dilakukan secara bertahap. Meski nanti rupiah berdesain baru dikeluarkan, namun uang rupiah desain lama masih tetap berlaku.

"Tetap berlaku ketentuan yang lama, penarikan BI kan bertahap," kata Ronald.

"Jadi enggak akan rupiah yang tiba-tiba enggak berlaku, BI akan mengumumkan kalau mau narik pecahan tertentu. Dan pengumumannya ngasih waktu yang cukup," tutupnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengganti gambar pahlawan di uang rupiah kertas dan logam. Ada 12 nama pahlawan yang sudah ditetapkan.

Keputusan Jokowi ini tertuang dalam Keppres No. 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia(detik)




[Ikuti PANTAURIAU.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813 6366 3104
atau email ke alamat : pantauriau@gmail.com
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan PANTAURIAU.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan